Mensos Naik Motor Tembus Desa Terisolasi

123 dibaca

• Di NTT Salurkan Bantuan Bencana

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini naik sepeda motor untuk menembus desa di Flores Timur yang terisolasi dampak bencana yang melanda Nusa Tenggara Timur (NTT). Risma naik motor lantaran akses jalan terputus.

Awal pekan ini, didampingi Bupati Flores Timur Antonius Hubertus Gege Hadjon, Risma bergerak menembus kawasan yang aksesnya terbatas, yakni di Desa Waimatan dan Amakaka di Flores Timur. Di dua desa tersebut Risma menyapa masyarakat, membagikan bantuan, dan memastikan mereka mendapatkan kebutuhan dasar.

Selain itu, Risma menuju Desa Waipukang di Kabupaten Lembata. Di lokasi tersebut Risma bertatap muka dengan masyarakat dan aparat setempat. Kemudian bersama rombongan, dia menyusuri permukiman warga yang rusak berat dilanda bencana.

Mantan Wali Kota Surabaya itu juga mengecek jembatan darurat yang dibangun warga secara gotong royong di Waiwerang dan sekitarnya di Kecamatan Adonara Timur. Hal itu dilakukan untuk mendukung proses evakuasi korban banjir bandang yang terkendala akibat jembatan utama putus.

Di Kantor Kecamatan Adonara Timur, Risma tampak mengecek paket-paket bantuan yang sudah tiba dan dikemas dalam karung. Dia mendapati jumlahnya masih kurang mencukupi dari kebutuhan.

“Nah ini masih kurang,” ujarnya dikutip dari laman resmi Kementerian Sosial, Jumat (9/4/2021).

Pada kesempatan itu juga Risma menggelar rapat mendadak dengan aparat desa setempat. Dia memberikan instruksi kepada aparat terkait untuk lebih meningkatkan akurasi jumlah penerima bantuan. Di sisi lain, dia meminta agar meningkatkan kapasitas layanan dapur umum agar kebutuhan masyarakat terdampak bisa dipenuhi.

Kemensos mengalokasikan bantuan sebesar Rp2,6 miliar untuk korban banjir yang menerjang sejumlah wilayah di Provinsi NTT. Di dalamnya, termasuk Rp1,3 miliar untuk logistik untuk memenuhi kebutuhan pokok korban yang masih dalam pengungsian.

Bantuan logistik di antaranya berupa tenda gulung, selimut, kasur, matras, makanan anak, minyak goreng, telur, biskuit, food ware, kids ware, peralatan dapur keluarga, pampers, dan air mineral.
(setneg/alam)