Tempat Disukai Jin dan Syetan

214 dibaca

Sebagaimana manusia, bangsa jin juga memiliki peradaban, meski mereka berada di alam lain di dunia ini. Kehidupan mereka juga memiliki beberapa kesamaan.

Makhluk halus, sebangsa jin maupun syetan sebagian tampil menjadi pemimpin dan sisanya para rakyat, persis seperti manusia. Demikian juga soal pola berdomisili. Ada beberapa lokasi yang digemari bangsa jin.

Jin, sangat menyukai hidup di lembah-lembah, perbukitan, dan celah-celah gunung yang tak berpenghuni, termasuk pula lubang-lubang yang ada di muka bumi, berapa pun ukurannya.

Seperti riwayat Ibnu Sarjis bahwa di sinilah alasan mengapa dilarang buang air kecil di lubang-lubang yang ada di daratan bumi, sebab jin menyukai tempat ini (HR Ahmad). Selain lembah, jin juga kerap mendiami lautan, danau dan sungai-sungai.

Di sinilah iblis meletakkan singgasana dan bala tentaranya. (HR Muslim). Selain itu, jin acap kali berdomisili di tempat kosong atau bangunan yang tak berpenghuni. Satu lagi, jin suka singgah di tempat-tempat maksiat. Berikut ini di antara lokasi-lokasi yang dekat dengan manusia dan ternyata menjadi favorit bangsa jin:

1. Toilet:

Jin menyukai lokasi-lokasi kotor, termasuk yang paling menonjol adalah toilet yang dipergunakan, baik untuk buang air kecil atau besar. Mengutip riwayat Zaid bin al-Arqam, Rasulullah SAW. pernah menegaskan bahwa lokasi buang hajat kerap dihadiri, bahkan dihuni syetan.

Masih menurut riwayat yang sama, seorang muslim dianjurkan untuk berdoa dan meminta perlindungan dari godaan syetan laki-laki atau perempuan. Anjuran ini memiliki banyak manfaat, terutama agar Allah SWT. menjauhkan godaan bangsa jin, sebab tak sedikit manusia yang diganggu oleh jin di tempat ini.

2. Kompleks Makam:

Kuburan merupakan salah satu tempat kesukaan bangsa jin. Karena itulah, Rasul dalam sebuah riwayat melarang makam dijadikan sebagai tempat salat, seperti halnya kamar mandi. Ini tertuang dalam hadis riwayat Abu Sa’id al-Khudri yang dinukilkan Imam Ahmad, Dawud, Tirmidzi, dan Ibn Hiban.

Di area inilah syetan kerap menggoda manusia yang lalai dan lemah imannya untuk menyekutukan Allah SWT. tak heran bila dalam prosesi para tukang sihir mereka menjalankan ritual mereka di pekuburan untuk berkongsi dengan syetan, bukan malah berziarah dan mengingat kematian, seperti yang disunahkan Rasul.

3. Pasar:

Tidak hanya tempat-tempat sepi dan sunyi, ternyata jin juga sangat mengganderungi pusat-pusat keramaian, terutama pasar. Salman al-Farisi dalam riwayat Muslim pernah mengungkapkan bahwa Rasul mengimbau agar berhati-hati di pasar. Usahakan menjadi orang pertama yang masuk ke pasar dan jangan sesekali menjadi orang paling terakhir yang berada di pasar.

Di sinilah para syetan berebut pengaruh untuk menancapkan bendera mereka. Tak heran bila mayoritas kita yang berada di pasar atau pusat keramaian, seperti mal, selalu lupa waktu dan lengah berzikir kepada Allah. Dalam sebuah riwayat, inilah mengapa Allah dan Rasul-Nya tidak begitu menyukai pasar.

Semua makhluk di muka bumi ini diturunkan hanya untuk menyembah Tuhan, tapi tidak dengan syetan. Syetan dan iblis merupakan makhluk pengganggu yang selalu menggoda manusia supaya mengabaikan Tuhan. Dan sebagai umat beragama, sudah sepatutnya kita mempercayai hal tersebut.

4. Lembah:

Apakah tempat tinggal Anda berada di dekat lembah? Jika iya, perlu Anda ketahui bahwa ternyata lembah adalah salah satu tempat yang paling disukai syetan. Setan dan jin akan lebih banyak ditemukan di daerah lembah-lembah ketimbang di dataran tinggi. Maka dari itu semua orang disarankan untuk berhati-hati saat berada di daerah yang banyak lembahnya.

5. Tempat Sampah:

Tempat yang paling banyak dihuni oleh golongan jin dan setan adalah di tempat-tempat sampah atau tempat yang kotor. Menurut Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Rahimahullah, seluruh tempat yang kotor seperti WC, tempat sampah, pekuburan, atau tempat-tempat yang bernajis lainnya bisa ditinggali setan. Jadi sebaiknya selalu jaga kebersihan lingkungan sekitar kita.

6. Tempat Rusak dan Kosong:

Rumah, gedung atau bangunan yang sudah rusak dan kosong masih memberikan kesan menakutkan bagi siapapun. Pasalnya tempat-tempat dengan kriteria seperti itu memang menjadi tempat yang sangat disukai oleh golongan syetan.

Menurut HR. Al Bukhari, Anda disarankan untuk tidak tinggal di rumah yang rusak, kosong atau berada di kawasan yang jauh dari pemukiman. Pasalnya rumah yang jauh dari pemukiman sama halnya dengan kuburan.

Itu tadi adalah beberapa tempat yang banyak ditinggali oleh golongan jin dan syetan. Setelah mengetahui tempat-tempat tadi, sebaiknya Anda mulai menghindari berlama-lama di tempat-tempat tersebut. Pasalnya golongan jin dan syetan bisa saja mengganggu dan menggoda Anda untuk melakukan perbuatan maksiat.(zi)