Waduk-Waduk Terangker di Pulau Jawa

215 dibaca

Waduk merupakan danau buatan atau terbentuk karena alam. Waduk digunakan menyimpan air sebagai irigasi sawah. Namun di Pulau Jawa, banyak sekali waduk yang tak diginakan. Tidak jarang waduk yang memiliki pemandangan indah, tapi sangat angker. Mengapa demikian? Benarkah waduk tempat bersemayam jin dan setan? Berikut waduk-waduk indah dan paling angker.

Seperti dilansir situs IDN waduk biasanya dijadikan destinasi menarik. Di balik keindahan waduk yang tak tertandingi, ada kisah horor dan menyeramkan. Belum pernah mendengar sebelumnya?
Dilansir dari berbagai sumber, simak beberapa waduk dikenal paling angker di Pulau Jawa.

1. Di Waduk Jatiluhur, Purwakarta:

Dikisahkan, Waduk Jatiluhur di wilayah Purwakarta cukup mempesona. Namun, di balik keindahannya waduk tersebut ditunggu sosok penguasa gaib bernama Mbah Jawer. Kabarnya, ia suka meminta tumbal untuk membalaskan dendamnya, karena telah dibuang.

2. Waduk Sermo di Yogyakarta:

Waduk Sermo di Yogjakarta ini terkenal sangat indah. Waduk ini terbentuk bekas pekuburan yang tenggelam bersama beberapa desa di sana. Menurut warga sekitar waduk sering terdengar suara aneh dan mistis.

3. Waduk Kedungombo di Grobogan:

Di balik keindahannya, Waduk Kedonggombo di Grobogan ini
memiliki kerajaan gaib. Dipimpin ratu dan dijaga buto bermuka merah yang suka meminta tumbal. Tak geran bila di waduk tersebut sering orang tenggelam.

4. Waduk Cirata, Purwakarta:

Menurut warga, ada sosok ular raksasa yang menjaga kawasan Waduk Cirata, Purwakarta. Konon, di dasar waduk ada kerajaan gaib yang seram dan selalu meminta tumbal nyawa.

5. Waduk Saguling, Bandung:

Pengunjung sering melihat penampakan hantu di Waduk Saguling, Bandung, lalu kesurupan. Ada pula kerajaan gaib yang konon memiliki relasi dengan kerajaan di Waduk Cirata.

6. Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri:

Diceritakan bahwa saat malam hari, seorang warga melewati kawasan Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri. Tak disangka, tiba-tiba pocong melompat di atas mobilnya. Masyarakat setempat selalu mengingatkan agar para wisatawan di waduk tersebut berhati hati.

7. Waduk Bunder, Gresik:

Waduk Bunder di Gresik ini airnya hampir tidak dimanfaatkan sama sekali. Bahkan waduk tersebut tidak dikelola pihak pemerintah daerah. Menurut warga di sekitar waduk, mereka sering mendengar
suara gamelan dari kawasan ini saat malam. Gak hanya itu, kabarnya ada jelmaan ular raksasa gaib yang sering menampakkan diri.

8. Waduk Cengklik, Boyolali:

Pemandangan Waduk Cengklik di Boyolali, Jateng ini terkenal cukup indah. Menurut kisah warga Boyolali, waduk Cengklik ditunggui
sosok peri berwajah cantik yang sangat harum. Beberapa warga sering melihat sosoknya yang suka berinteraksi.

9. Waduk Jatigede, Sumedang:

Beberapa orang berwisata di sana pernah melihat ular raksasa gaib di dasar Waduk Jatigede, Sumedang. Ada pula sosok keuyeup bodas raksasa yang menjebol bendungan suatu saat nanti.

10. Waduk Darma, Kuningan:

Keindahan Waduk Darma, Kuningan membuat takjub setiap orang yang berkunjung di tempat itu. Tapi Anda harus waspada dan tidak boleh berbuat ceroboh. Sebab di situ dipercaya banyak sosok gaib yang menghuni Waduk Darma, Kuningan. Warga sekitar sering melihat sosok belut putih di tengah waduk yang kemudian langsung pingsan.

Dari berbagai waduk paling angker di Pulau Jawa, ada yang bikin penasaran? Selalu berhati-hati saat mengunjungi beberapa danau di atas. Kisah ini ditulis berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat, pengalaman orang per orang, dan disampaikan dari mulut ke mulut. Pengalaman setiap orang terhadap mitos dan kesan mistis seperti di atas, akan berbeda-beda. Tak semua orang bisa merasakan hal yang sama.(zi)