Program Bhakti TNI, Koramil 0812/05 Bangun 14 Unit Rumah

181 dibaca

LAMONGAN-POSMONEWS.COM
Program Bakti TNI yang diwujudkan dalam kegiatan renovasi RUTILAHU (Rumah Tidak Layak Huni) adalah peran TNI untuk mengatasi kesulitan warga. Khususnya dalam hal membangun perumahan yang layak. Hal ini dilakukan anggota Koramil 0812/05 Kembangbahu, Sabtu (18/07) yang mengerjakan 14 unit rumah di wilayah Lamongan Selatan ini.

Program Bakti TNI lewat renovasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) ini merupakan bagian dari Program Rutilahu Kerja Sama Kodam V/Brawijaya dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.
Program ini mengacu pada Delapan Wajib TNI dalam melaksanakan tugasnya yang di dalam salah satu Pasalnya menyebutkan “Mengatasi Kesulitan Rakyat Sekelilingnya”.

Apalagi dengan kondisi masyarakat yang kini sedang mengalami berbagai kesulitan ekonomi karena pandemi Covid 19. Masalah sandang, pangan dan papan pun menjadi salah satu kendala dalam kehidupan mereka.

Merasa terpanggil dan bagian dari Bhakti TNI maka anggota Koramil 0812/05 Kembangbahu dan jajaran Kodim 0812 Lamongan pun turun tangan. Mereka mempercepat pembuatan rumah tidak layak huni lewat program RUTILAHU dengan bergotong royong bersama masyarakat di wilayah Kecamatan Kembangbahu.

Hasilnya pun bisa dilihat dari program ini Koramil 0812/05 Kembangbahu berhasil mengerjakan 14 unit rumah tidak layak huni. Salah satunya adalah rumah Siman (45), warga Desa Pelang RT. 005/008, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan.

Kepada wartawan posmonews.com, bapak yang kesehariannya bekerja sebagai buruh tani ini mengucapkan rasa terima kasihnya pada insitusi TNI yang memberi bantuan bab papan yang layak.

“Saya berterima kasih kepada Pak Danramil dan Pak Baninsa, karena rumah saya masuk renovasi pada program Rutilahu ini, sungguh merupakan berkah dari Allah SWT. Sebelumnya kami benar-benar tidak mampu memikirkan untuk merenovasi rumah saya ini dengan penghasilan saya sebagai buruh tani, yang hanya cukup untuk makan. Sekali lagi saya dan keluarga mengucapkan terima kasih,” tuturnya haru.

Menyoal kegiatan Bhakti TNI ini Danramil 0812/05 Kembangbahu Kapten Kav Nur Chojim menjelaskan bahwa pelaksanaan pengerjaan Rutilahu di wilayahnya mengerjakan sebanyak 14 unit termasuk rumah Bapak Siman yang sedang dilakukan percepatan. Dan pengerjaannya dilakuan oleh Babinsa dibantu oleh anggota lainnya dan masyarakat setempat agar segera selesai dan segera mengerjakan rumah lainnya. (DANAR).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here