Beranda Kelangenan Akik Memedar Khasiat Batu Akik Badar Emas

Memedar Khasiat Batu Akik Badar Emas

502 views
Ilustrasi : Cincin aki badar emas, piandel penolak serangan gaib

Bagi masyarakat Indonesia, khususnya Jawa, tidak lepas dari benda supranatural. Yaitu benda yang memiliki kekuatan gaib. Banyak macam benda yang terkandung kekuatan gaib. Salah satunya adalah batu akik. Bagi orang tententu, batu akik yang mengandung kekuatan magis dijadikan piandel. Kata lain dari azimat.

Piandel atau azimat yang mudah dibawa kemana-mana adalah cincin akik. Selain sebagai penghias jari jemari tangan, tidak mencolok bahwa benda itu merupakan salah satu pusaka yang diendel.  Pusaka yang dipercaya mengandung kekuatan supranatural. Dan, dapat membantu kepentingannya.




Seseorang yang memiliki piandel, entah apa ujudnya, apa itu  batu akik, atau lainnya, akan merasa kendel. Yang semula penakut dapat menjadi pemberani. Percaya dirinya meningkat.

Sifat piandel bermacam-macam. Ada yang menjadikan seseorang pemberani. Tubuhnya kebal, baik peluru, api, benda tajam, racun atau bisa, dan lain-lain. Ada pula yang menjadikan kharismanya tinggi sehingga tampak berwibawa. Disegani orang lain yang melihatnya. Ada pula yang menimbulkan pesona. Orang yang melihatnya menjadi terpesona.

Kekuatan gaib yang dapat membantu kepentingan pemiliknya, itulah yang disebut khasiat. Tentu saja khasiat yang terkandung dalam sebuah batu akik itu bermacam-macam. Sesuai dengan jenis batunya. Seperti batu badar. Batu ini pun banyak macamnya. Ada badar lemah, badat besi, batar perak, dan badar emas.

Dalam ulasan cinta budaya tradisional ini, khususnya akik, kami memilih Batu Badar Emas. Ciri khas batu badar emas, seperti namanya yaitu berwarna seperti emas muda. Untuk kandungan yang ada pada jenis batu ini, terdapat unsur logam dan emas. Terlepas dari ujudnya, sesuai topiknya, disini sepintas mengulas khasiat gaib yang terkandung dalam batu badar emas.

Menurut keyakinan, badar emas ini biasanya dipakai sebagai tameng gaib di rumah, Energi yang dimiliki batu akik badar emas, dipercaya bisa menangkal serangan ilmu hitam. Oleh sebab itu, orang yang membangun rumah, biasanya pada  bagian ’panuwuh’ (bagian atas kuda-kuda) dipasang paku emas. Dipercaya, paku itu dapat menolak serangan hitam yang akan masuk. Sehingga pemilik batu ini terhindar dari penampakan makhluk gaib. Jika berupa bau itu dijadikan mata cincin, maka pemakainya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Terutama saat berada di perjalanan di malam hari.

Untuk sebagian orang yang menggunakan batu badar emas memang dengan tujuan mistis, sehingga wajar bila batu jenis ini tidak banyak diminati oleh anak muda. Dan, memang masih jarang orang memiliki batu akik badar emas.

Selanjutnya seperti batu akik pada umumnya, apabila anda memiliki batu akik badas emas, apabila ingin batu selalu tampil bersih dan menarik, maka anda harus rutin membersihkannya. Menggosoknya. Karena kandungan logamnya, menjadikan batu ini mudah kotor dan burek.

Seperti biasa batu akik sekarang mulai terlupakan. Tidak buming seperti dulu lagi. Tetapi bagi  para pecinta akik, jenis batu ini masih dicari. Yaitu diambil manfaatnya.

Seperti telah disinggung di atas, tentang khasiat batu badar emas yang dipercayai sebagai batu berkhodam. Buat sebagian orang batu ini mempunya khasiat  penolak serangan hitam, penolak makhluk jahat, penolak berbagai bala. Benar atau tidaknya, itulah kepercayaan. Sesungguhnya, jika ada kekuatannya, maka kekuatan itu seutuhnya dari Allah SWT. *** Bung Yon N.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here