Berburu “Berkat” HAUL Bungah

683 dibaca

Seperti pada tahun tahun sebelumnya, Pondok Pesantren Qomaruddin selalu mengadakan acara Haul untuk memperingati wafatnya KH. Muhamamd Sholeh Tsani, dan juga para muassis Pondok Pesantren Qomaruddin lainnya.
Haul KH. M. Sholeh Tsani, di tahun 2020 sudah ke-121. Beberapa nama pengasuh yang juga diperingati acara haulnya secara bersamaan antara lain adalah:
1. KH. Muhammad Sholih Tsani ke-121 & Mbah Yai
2. KH. Muhammad Ismail ke-72 & Mbah Yai
3. KH. Muhammad Sholih Musthofa ke-38 & Mbah Yai
4. KH. Ahmad Muhammad al-Hammad Ke-5 & Ibu Nyai
5. Para Muassis dan Pembina Pondok Pesantren Qomaruddin.
Untuk itu, pada tahun 2020 ini. Haul di Pondok Pesantren Qomaruddin atau yang lebih dikenal oleh warga sekitar dengan nama Haul Bungah 2020 akan dilaksanakan pada hari Kamis Pon tanggal 23 Januari 2020.
Seperti biasanya, acara peringatan puncak pada tanggal 23 Januari 2020 ini akan dimulai dengan pembacaan tahlil dan sejarah berdirinya Pondok Pesantren Qomaruddin yang akan dibagi menjadi 2 sesi acara di antaranya; Tahlil Putra yang berlangsung pukul 08.00 dan juga Tahlil Putri yang berlangsung pada pukul 13.00 bertempat di Halaman Pondok Pesantren Qomaruddin, Sampurnan Bungah, Gresik.

LAILATUL QIRAAH
Pada tanggal 21 Januari 2020 menyambut rangkaian acara Haul Bungah 2020, seperti biasanya dibuka dengan Lailatul Qiraah. Pada tahun ini, Lailatul Qiraah dihadiri oleh Ustadzah Wardatun Nisa Juara MTQ Internasional Malaysia 2019 dan juga Penampilan Spesial duet Qiraah antara Ustadzah Hj. Nur Khoiriyah dan KH. Syaiful Munir. Hari ke-2 tadarus Alquran bil ghoib – 22 Januari 2020 rangkaian acara lanjutan dalam Haul Bungah 2020.
Juga para alumni dan santri, bisa mengisi waktu dengan ziarah ke kompleks makam KH. Moh Sholeh Tsani beserta para muassis dan juga makam Mbah Qomaruddin.
Lailatul Qiroah adalah pembuka rangkaian acara Haul KH M Sholeh Tsani yang tahun ini dilaksanakan pada 21-23 Januari 2020. Bertempat di depan Langgar Agung dan Ndalem pengasuh PP Qomaruddin Sampurnan Bungah, acara ini menjadi ajang silaturahim para qari’ qari’ah terutama di wilayah Jawa Timur. Tahun ini Lailatul Qiraah menghadirkan Ustadzah Wardatun Nisa, qariah yang menjuarai MTQ Internasional di Malaysia 2019. Yang tak kalah ditunggu-tunggu adalah ‘duet maut’ pembina tilawah Gresik, KH Syaiful Munir dan Nyai Hj. Nur Khoiriyah.
Selain itu, acara ini dimeriahkan dengan para juara MTQ berbagai tingkatan. Membuka acara ini, KH Alauddin menyampaikan peringatan pada audiens, terutama para santri, untuk tidak hanya menikmati seni suara dari penampilan para qari’ qari’ah, namun juga memperhatikan makna ayat yang sedang dibaca dengan seksama. Setelah sambutan pembuka dari pengasuh, acara dilanjutkan dengan estafet penampilan para juara kompetisi tilawah yang berlangsung hingga lewat tengah malam.
Ratusan hadirin yang terdiri dari santri, alumni, dan warga, menikmati dengan khusyu’ lantunan kalam Allah. Lailatul Qiro’ah menandai kentalnya nuansa Qurani dalam Haul Bungah 2020 khususnya, dan keseharian warga Bungah dan sekitarnya pada umumnya.
Hari ke-3 puncak acara Haul Kamis Pon, 23 Januari 2020, adalah hari puncak Haul KH. M.cSholeh Tsani ke-121. Agenda pagi Kamis puncak adalah tahlil putra yang akan diselenggarakan di depan “ndalem” utama pengasuh. Tiap tahunnya santri, alumni, dan masyarakat akan memenuhi area pesantren dan rumah warga untuk ‘meraup berkah Mbah Sholeh dan Haul Bungah’.
Selain itu, yang dinanti oleh masyarakat adalah dhawuh² menyejukkan dalam pengajian ba’da tahlil yang tahun ini insyaAllah akan diisi oleh Gus Firjaun Barlaman bin KH Ahmad Siddiq. Menarik, masyarakat Bungah dan sekitarnya memiliki pandangan bahwa
“berkat”. Menurut kspercayaan masyarakat bahwa “berkat” dari Haul akan menjadi wasilah hadirnya berkah dalam kehidupan mereka. Semoga berkah Mbah Sholeh dan sesepuh Bungah “meluberi kita, santri-santri beliau.
Tahlil putri puncak acara Haul Kamis Pon (23/1/20) juga diisi dengan tahlil bersama untuk jamaah putri yang dijadwalkan ba’da zuhur. Seperti jamaah putra, bahkan umumnya lebih banyak, para santri, alumni, dan masyarakat putri memadati bukan hanya area pesantren dan rumah warga, namun juga jalanan kampung untuk berdoa bersama.
Pengajian ba’da tahlil untuk jamaah putri tahun ini diisi oleh (Ibu Nyai Luluk Illiyyah dari Pasuruan). Nyadong Berkah Haul Mbah Sholeh.(zub)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here