Timun Seimbangkan Suhu Tubuh

299 dibaca

Segar, sering jadi teman untuk lalapan dan punya segudang manfaat bikin timun jadi favorit banyak orang. Ternyata di dalam timun yang segar ini, banyak nutrisi, vitamin dan kebaikan lainnya yang bermanfaat untuk kecantikan. Untungnya lagi, timun gampang banget untuk ditemukan. Merawat kulit jadi nggak susah. Buat yang belum tahu manfaat timun untuk kecantikan, berikut tulisannya.
Dari Abdullah bin Jaafar, diriwayatkan bahwa Rasulullah s.a.w. pernah memakan mentimun bersama kurma. Dengan mengambil mentimun bersama kurma, ia bisa menghilangkan dahaga dan mengurangi rasa panas tubuh. Selain itu, sifat mentimun yang segar, enak dimakan bersama kurma yang manis.
Timun bersifat dingin dan udara, sedangkan kurma bersifat panas dan kering. Maka suhu tubuh akan menjadi seimbang. Di sini Nabi mengajarkan kita, ketika kita mengambil makanan yang panas, seimbangkan kembali suhu tubuh dengan makanan yang dingin.
Selain itu, mentimun juga mengandung vitamin C yang mampu meredakan radang kulit dan juga mengandung silika. Silika merupakan unsur penting yang diperlukan untuk menjamin kesehatan sistem saraf yang melibatkan otot, tendon, ligamen dan tulang. Berikut manfaat timun untuk kecantikan:

Menghidupkan’ kulit yang kusam
Kulit yang sehat adalah kulit yang bercahaya, untuk mengembalikan that natural glow, masker timun bekerja sangat baik untuk ‘menghidupkan’ kembali kulit yang kusam dan mengencangkan kulit.

Menghilangkan bekas berjemur
Tiba-tiba jadi berkulit cokelat karena baru pulang dari liburan di pantai? Timun bisa menghilangkan bekas berjemur karena timun memiliki kandungan pencerah alami.

Sunburn
Terlalu semangat bermain di pantai sampai lupa waktu? Hati-hati sama sinar matahari! Kulit yang terbakar, kalau nggak dirawat akan mengelupas dan akan terasa perih. Jadi, sesampainya di rumah, langsung aplikasikan timun yang sudah diiris atau timun yang di-blender pada bagian kulit yang terbakar matahari.

Menghilangkan selulit
Punya selulit? No worries, timun mengandung phytochemicals yang mempercepat produksi kolagen yang berfungsi untuk menjamin elastisitas kulit sehingga secara perlahan, selulit akan menghilang karena kulit kita sudah kaya dengan kolagen.

Bekas jerawat yang kemerahan
Setelah jerawat mengempis dan mengecil, kita jadi punya bintik-bintik merah yang terasa sedikit sakit. Untuk merawat bekas jerawat ini, timun yang memiliki kandungan anti peradangan bisa jadi pilihan tepat.

Rambut rontok dan bercahaya
Timun mengandung silikon, sulfur, sodium, fosfor dan kalsium yang merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan rambut. Dengan mengkonsumsi timun, tentunya akan berdampak baik bagi rambut kita. Jus timun juga ternyata bisa digunakan sebagai pengganti kondisioner, lho. Mengandung silikon, timun ampuh banget untuk mengembalikan glow alami rambut da membuatnya halus.

Kulit berminyak
Timun sering banget disebut sebagai toner alami. Kalau kulit kita cenderung berminyak dan kusam, ektrak air timun bisa mencegah minyak berlebih pada wajah dan memberikan healthy glow untuk kulit kita.

Menghilangkan komedo
Walaupun baking soda jadi andalan untuk permasalahan kulit yang satu ini, kita juga bisa mencoba timun, kok! Dengan mencampurkan jus timun dan yogurt dan aplikasikan pada area yang banyak komedo, kita nggak cuma menghilangkan komedo tapi juga melembabkan kulit. ***