Waspada…! Reaksi Alergi dan Kelainan Darah

22 views

• Manfaat dan Efek Samping Daun Johar (5-Habis)

Mengunsumsi tanaman johar tidak disarankan untuk digunakan dalam jangka panjang dan secara berlebihan karena memberikan beberapa efek samping, yaitu:

Memberikan Reaksi Alergi

Ekstrak daun dari johar yang digunakan secara berlebihan dapat menyebabkan reaksi alergi seperti demam, kesulitan bernapas, mual, muntah, iritasi mulut, iritasi mata, dan sakit pada tenggorokan.

Menyebabkan Kelainan Darah

Ekstrak daun johar dapat menurunkan kadar sel darah merah dan sel darah putih sehingga dapat menyebabkan penyakit anemia, leukopenia, serta mengurangi sistem kekebalan tubuh karena kekurangan sel darah putih.

Kerusakan Ginjal dan Hati

Kandungan barakol dalam johar yang terlalu banyak dalam tubuh dapat menyebabkan keracunan dan kerusakan hati karena penumpukan barakol dapat menjadi racun.

Ekstrak akar, kulit batang, dan daun yang terlalu banyak juga dapat meningkatkan kadar bilirubin, AST, dan ALT dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan hati.

Menyebabkan Hepatitis Akut

Kandungan barakol dalam johar yang berlebihan juga dapat menyebabkan hepatitis akut pada seseorang. Jadi, pemantauan fungsi hati sangat diperlukan bila mengkonsumsi johar.

Cara Penggunaan Johar

Beberapa cara penggunaan johar adalah sebagai berikut:

Membuat menjadi masakan dan dikonsumsi langsung. Daun, bunga muda, serta polong muda dari johar dapat digunakan sebagai sayuran dan dimasak dalam berbagai bentuk seperti kari, tumisan, atau dicampur menjadi sup.

Daun johar juga dapat dikunyah dan dikonsumsi langsung untuk mengurangi nyeri perut. Namun, daun tersebut disarankan untuk dicuci 2-3 kali untuk mengurangi rasa pahitnya.

Bunga muda dan polong muda yang dikonsumsi dapat bermanfaat untuk mengatasi insomnia serta gangguan tidur, penyakit disuria, sebagai obat pencahar, dan obat penenang.

Rebusan Tanaman Johar

Campuran kulit batang, daun, bunga, dan biji dari johar direbus dengan air hingga mendidih. Ini disaring dan diminum untuk mengatasi, radang tenggorokan, diabetes dan sebagai obat pencahar.

Campuran kulit batang dan daun johar direbus dengan air hingga mendidih dan disaring. Rebusan ini diminum untuk mengatasi radang sendi atau rematik, pembengkakan pada tenggorokan, demam, dan malaria.

Rebusan Daun Johar

Daun johar yang masih segar dicuci dan direbus dengan 1 liter air hingga mendidih atau selama 20 menit. Rebusan ini disaring dan dapat dicampur dengan jus lemon atau madu.

Rebusan daun bermanfaat untuk mengatasi malaria, nyeri perut, batuk, anti bakteri, anti jamur, anemia, demam, sembelit, hipertensi, dan nyeri pada gigi.

Rebusan Kulit Batang Johar

Kulit batang dari johar (dapat dikeringkan terlebih dahulu) dicuci dan direbus dengan air hingga mendidih, lalu ini disaring.
Rebusan ini diminum atau dapat dimandikan untuk mengatasi malaria, gangguan ginjal, herpes, infeksi kulit, diabetes, serta kudis.

Rebusan Akar Johar

Akar dari johar dicuci bersih dan direbus dengan air hingga mendidih, kemudian rebusan ini disaring. Rebusan akar dapat diminum untuk mengatasi sembelit, hipertensi, insomnia, racun dari gigitan ular atau kalajengking, diabetes, angina, serta malaria.

Rebusan Bunga atau Biji Johar

Bunga atau biji johar dicuci bersih dan direbus dengan air hingga mendidih, lalu disaring untuk mendapatkan air rebusan.
Rebusan bunga dapat dimandikan atau diminum untuk mengatasi insomnia, gangguan ginjal, malaria, serta asma. Sedangkan, rebusan biji digunakan untuk mengatasi racun dari gigitan ular atau kalajengking dan cacingan.

Teh dari Daun Johar

Daun johar dicuci bersih dan dikeringkan dengan sinar matahari atau bantuan oven dan dapat membeli daun yang telah kering. Daun kering ini dicampur dengan daun lemon kering, daun jeruk nipis kering, serta daun pepaya kering. Campuran daun ini direbus dengan air selama 1 jam dan disaring. Ini diminum untuk mengatasi penyakit malaria.

Daun kering johar juga dapat direbus dengan air hingga mendidih, lalu dapat disaring dan ditambahkan madu untuk mengatasi malaria, demam, serta hipertensi.

Kapsul Daun Johar

Daun johar yang telah dikeringkan telah tersedia dalam bentuk kapsul dan dapat dibeli serta dikonsumsi sesuai aturan pemakaian dan anjuran dokter sebagai obat pencahar dan obat tidur.

Cara Penyimpanan Johar

Daun, akar, bunga, kulit batang, serta biji johar yang masih segar dapat disimpan dalam wadah terbuka. Lalu diletakkan pada suhu ruangan serta dijauhkan dari panas dan sinar matahari.

Daun atau kulit batang kering dapat disimpan dalam wadah tertutup serta kering dan disimpan pada suhu ruangan.(zi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here