Mengkudu Pengusir Kulit Keriput

204 dibaca

Awet muda selalu menjadi tema yang hangat dibicarakan. Karena memang semua orang ingin tetap awet muda meski usianya tidak muda lagi. Awet muda ditandai dengan tidak adanya keriput dan flek hitam, serta kulit tidak kusam. Berbagai treatment awet muda pun terus berkembang. Meski demikian, awet muda pun bisa diperoleh dengan menggunakan bahan-bahan alami. Misalnya saja noni atau mengkudu, cranberry, blueberry dan daun zaitun.
Dijelaskan oleh Romy Eka Putra, konsultan kesehatan, seperti dirilis infokecantikan menyebutkan bahwa penyebab utama terjadi penuaan atau aging adalah A.G.E atau advance glucation and product. A.G.E adalah ikatan antara gula dan protein yang bekerja di dalam tubuh. Penuaan diibaratkan karat di dalam tubuh. Jika karat tersebut berada terlalu lama di dalam tubuh dan tidak direduksi karatnya, maka akan keropos dan bolong.
Bahan-bahan alami seperti buah noni, cranberry, blueberry dan daun zaitun mengandung iridoid, yang dapat mengatasi masalah penuaan. Misalnya blueberry yang nama latinnya Vaccinium corymbosum yang berasal dari Pantagonia-Chile mengandung satu jenis iridoid yang dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Begitu pula cranberry (Vaccinium macrocarpon) berasal dari Cape Blanco, Oregon mengandung dua jenis iridoid, yang baik untuk mencegah penuaan.
Daun zaitun memiliki kandungan iridoid yang lebih tinggi dari blueberry dan cranberry. Daun zaitun yang berasal dari Marrakech, Maroko mengandung 5 jenis iridoid. Bahkan buah noni yang berasal dari Tahiti, Hawaii mengandung 15 jenis iridoid, yang berkhasiat untuk awet muda.
Iridoid adalah bahan alami yang ada pada tanaman yang fungsinya adalah melindungi sel-sel, meregenerasi sel-sel dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak karena diserang oleh bakteri atau virus. Dengan adanya regenerasi sel atau perbaikan sel yang rusak, maka asupan nutrisi untuk tubuh akan kembali terpenuhi secara normal dan racun yang ada di dalam tubuh dapat dikeluarkan.
Antioksidan yang sering disebut-sebut dapat mencegah penuaan karena dapat menangkal radikal bebas adalah bagian dari iridoid. Karena iridoid bersifat antiaging sehingga bisa mereduksi A.G.E, yang menjadi penyebab penuaan. Selain untuk kecantikan, iridoid juga bermanfaat bagi kesehatan misalnya menjaga kesehatan pembuluh darah, memelihara kadar kolesterol tetap stabil, mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan fungsi kesehatan otak.
Zat bioaktif iridoid ini cenderung lebih stabil dan hanya mengalami perubahan yang sangat kecil sekali saat buah noni diproses. Sehingga, khasiat bio aktif yang dibawanya akan tetap terjaga.
Zat bio aktif ini dapat menangkal bahaya radikal bebas, meningkatkan kerja otak (cocok untuk anak-anak yang dalam masa pertumbuhan), mengontrol kolesterol, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan jantung, dan masih banyak lainnya manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Zat Iridoid juga mempunyai salah satu manfaat yang besar untuk mencegah kanker, yaitu dapat mencegah mutasi sel.
Untuk mendapatkan khasiat dari buah-buahan tersebut umumnya dimakan segar secara langsung atau dibuat menjadi jus. Belakangan banyak dijual jus dalam kemasan yang berisi campuran buah-buahan tersebut. Untuk mendapatkan khasiat awet muda, maka buah-buahan tersebut sebaiknya dikonsumsi secara rutin.
Sebagai contoh untuk jus noni yang banyak dijual di pasaran atau dibuat sendiri  bisa diminum dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Tetapi jika sudah timbul masalah kulit misalnya kerutan, maka diminum bisa lebih banyak lagi setiap hari. ***