BUNGA ROSELLA, BUNGA KECANTIKAN

147 dibaca

Sudah bukan hal baru, bahwa wanita selalu mengidam-idamkan kecantikan kulit yang sempurna. Banyak cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan kecantikan kulit. Mulai dari cara tradisional, cara modern, dan cara lainnya. Lantas bagaimana caranya?

Dalam artikel ini akan sedikit kita bahas mengenai keajaiban bunga Rosella untuk kecantikan kulit wanita. Wanita selalu menginginkan kecantikan kulit alami. Biasanya kecantikan alami tersebut tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Mengapa demikian? Karena sekarang sudah banyak cara-cara untuk kecantikan kulit namun masih banyak juga efek sampingnya. Dengan kecantikan kulit yang alami maka kita pun akan tampil lebih percaya diri.

Bunga Rosella konon berasal dari Benua Afrika. Awal mula, bunga Rosella ini dijadikan penghias halaman rumah karena bentuk dan warnanya yang cantik untuk di pandang. Namun selain dijadikan sebagai pajangan atau tanaman hias, bunga yang satu ini juga dapat dikonsumsi sebagai minuman hangat di musim dingin. Di Afrika bunga Rosella dijadikan bahan untuk membuat selai atau jelly. Selai atau jelly tersebut diperoleh dari serat yang terdapat di dalam kelopak Rosella.

Kandungan senyawa yang baik terdapat pada Rosella sangat baik untuk kecantikan kulit wanita. Ini dia kandungan yang ada di dalam Rosella. Vitamin C, D, B1, B2, Kalsium, Omega 3, Magnesium, Beta karotin, Asam amino esensial. Untuk khasiatnya; meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, menormalkan kadar gula darah, asam urat, dan kolesterol, baik untuk perokok, karena mengurangi dampak negatif dari nikotin, mengurangi ketergantungan terhadap narkoba, mencegah penyakit kanker, mengatasi batuk, sakit tenggorokan, dan mengobati sariawan, membuat kulit selalu halus dan mengurangi keriput.

Secara tradisional kelopak bunga Rosella sudah berkhasiat sebagai antibiotik (penangkal radikal bebas), aprodisiak (meningkatkan gairah seksual), diuretic (melancarkan buang air kecil, sebagai zat pelarut, sedative (penenang), dan tonik.

Jika salah dalam pengolahan dan penyimpanan, akan berpengaruh pada aktifitas zat di dalam Rosella. Sudah pasti hal tersebut akan mengurangi kemanfaatan terhadap tubuh kita, serta efek positif dari bunga Rosella yang kita harapkan tidak akan terpenuhi.

Teh

Untuk cara membuat sajian teh Rosella tidaklah sulit. Ambil bunga yang sudah dipetik, dijemur di bawah terik matahari selama 1 sampai 2 hari agar memudahkan pemisahan lidah kelopak dengan bijinya. Jika sudah kering, remas kelopaknya, jika sudah menjadi bubuk maka bisa dikatakan kadar air yang terdapat di dalamnya telah mencapai 4 sampai 5 %. Kemudian seduh 2-3 g teh Rosella dengan air mendidih hingga larut dan air berubah menjadi kemerahan.

Selai

Di Negara Afrika, Rosella dapat dijadikan sebagai selai atau jelly. Selai atau jelly tersebut diperoleh dari serat yang terdapat di dalam kelopak Rosella.

 Obat

Sudah banyak bagian dari tanaman juga dipercaya memiliki nilai herbal dalam halo bat-obatan. Negara-negara yang telah menggunakannya untuk pengobatan diantaranya, Meksiko melalui Afrika, serta pula dari India hingga menyebar ke India. Rosella telah dikaitkan dengan obat tradisional dan dipercaya bisa mengobati beberapa penyakit seperti hipertensi dan infeksi saluran kemih. ***