Bendungan Wlingi-Serut Blitar Bakal Diflushing

108 dibaca

▪︎BLITAR – POSMONEWS.com,-
Bendungan Wlingi Raya dan Bendungan Lodoyo atau Serut Blitar bakal dilakukan flushing. Flushing (pladu) merupakan kegiatan pembersihan bendungan.

Humas Perum Jasa Tirta, Yulia Puspita, menyebut jika jadwal flushing untuk Waduk Wlingi dan Lodoyo Blitar akan diadakan pada tanggal 13-17 Mei 2024. Masyarakat yang hendak manfaatkan momen flushing untuk mencari ikan mabuk pun diminta untuk tetap waspada.

“Rencananya flushing ini akan diadakan pada 13-17 Mei 2024 nanti. Kita akan memberikan surat pemberitahuan pelaksanaan flushing ini ke sejumlah stakeholder seperti kepolisian hingga lurah/kepala desa di sepanjang wilayah sungai Brantas,” kata Yulia Puspita.

Kegiatan flushing ini memang dinantikan oleh banyak masyarakat. Mereka biasanya memanfaatkan momen Pladu untuk mencari ikan mabuk akibat dibukanya pintu air bendungan.
Biasanya warga akan berbondong-bondong untuk datang ke bendungan dan mencari ikan yang sedang mabuk akibat arus air yang berubah cepat.

Dengan adanya kegiatan flushing ini, diharapkan masyarakat yang beraktifitas di sekitar sungai Brantas untuk lebih berhati-hati.

”Saat flushing nanti pintu bendungan akan dibuka untuk membuang air secara cepat. Tujuannya agar sampah atau sendimen lumpur yang ada di bendungan bisa keluar,” imbuhnya.

Proses flushing ini dilakukan secara berkala untuk menjaga kapasitas penyimpanan air di dalam bendungan. Seperti diketahui banyaknya endapan lumpur atau sendimen bisa mengurangi volume waduk bahkan mengganggu operasional bendungan.

Saat dilakukan flushing, akan ada tanda sirene agar masyarakat yang ada di sekitaran sungai Brantas lebih berhati-hati karena volume air yang bertambah. Flusing akan dimulai pada Senin 13 Mei 2024, sekitar pukul 12.00 WIB. [FEND/AHM]