Deklarasi Damai Pemilu 2024 Solokuro, Usung Spirit Penyelenggara Sehat

110 dibaca

▪︎LAMONGAN – POSMONEWS.COM,-
Dalam rangka membangun komitmen bersama para pemangku kepentingan dengan peserta pemilu  serta mewujudkan situasi yang damai, aman , dan tertib dalam pemilihan umum serentak tahun 2024 di Lamongan Utara khususnya di wilayah Desa Dadapan kecamatan solokuro Kabupaten Lamongan, maka Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) Desa Dadapan menyelenggarakan deklarasi pemilu damai dan senam bersama yang digelar di Lapangan Madrasah Ma’arif NU Desa Dadapan, Selasa (6/2/2024).

Kegiatan yang ditandai dengan pembacaan naskah Deklarasi dan penandatangan petisi pemilu damai turut dihadiri oleh Babinkamtibmas, Babinsa, Kasi Trantib Kecamatan Solokuro, Kepala Desa Dadapan, Ketua BPD Desa Dadapan, Ketua PPK Solokuro,  Ketua Panwascam Solokuro, serta 112 Anggota KPPS dan 16 PTPS Desa Dadapan.

Dalam kata pembukaanya, ketua PPS Desa Dadapan, Endang Srifanikah Mengungkapkan pentingnya dilakukan deklarasi pemilu damai di wilayah Desa Dadapan karena pemilu damai dapat mendorong partisipasi politik yang demokratis dan menghindari keteganggan yang berlebihan dan penggunaan kekerasan. Hal ini dapat mengurangi resiko terjadinya konflik antar peserta pemilu, timses dan juga masyarakat, yang dapat merusak persaudaraan, persatuan dan juga kesatuan bangsa.

“Dengan adanya pemilu yang damai, diharapkan semua pihak dapat menerima setiap hasil pemilu dengan lebih bijaksana, sehingga dapat membantu menjaga stabilitas politik dan mencegah konflik yang berkepanjangan,” kata Ketua PPS Desa Dadapan

Sementara itu Adi Nur Rahmawan (Babinkamtibmas Desa Dadapan), Menegaskan pentingnya menjaga netralitas penyelenggara pemilu sehingga pemilu 2024 dapat berjalan dengan Jujur, adil, aman dan damai.

“Kami harapkan semua petugas peyelenggara pemilu baik itu KPPS dan PTPS Desa dadapan, bersikap netral, tidak berpihak pada salah satu paslon, supaya pemilu dapat berjalan dengan Aman, adil dan tertib,” ujarnya.

Kegiatan deklarasi pemilu damai ini kemudian dilanjutkan senam dengan diiringi jingle pemilu 2024, yang sekaligus menjadi akhir dari kegitan.▪︎[RIED]