Karya Bakti Koramil Kanggeneng, Bersihkan Enceng Gondok

91 dibaca

▪︎LAMONGAN – POSMONEWS.COM,-
Meski curah hujan baru mulai naik di awal bulan Februari 2024 ini, namun upaya proaktif pencegahan banjir, Kodim 0812 Lamongan melalui jajarannya terus melaksanakan program yang berfokus pada pembersihan selokan dan saluran air secara rutin.

Langkah ini diambil sebagai respons terhadap ancaman banjir yang seringkali terjadi akibat tumpukan sampah maupun enceng gondok dan penyumbatan aliran air.

Seperti halnya yang di lakukan pihak Koramil 0812/15 Karanggeneng yang mana menerjunkan beberapa aparat Babinsa di sekitar bantaran sungai Desa Kalanganyar, Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan, Kamis (1/2/2024).

Keberadaan Babinsa itu, ditujukan untuk menggelar adanya karya bakti yang diikuti oleh masyarakat dari beberapa Dusun yang ada di Desa Kalanganyar.

Sasaran karya bakti kali ini, adalah keberadaan tanaman liar eceng gondok yang dinilai menyumbat saluran air di sepanjang sungai itu.

Danramil Karanggeneng, Kapten Inf Bambang mengatakan bersih-bersih itu sebetulnya bukan hanya kali ini digelar. Ia mengungkapkan, karya bakti itu dilakukan secara rutin.

“Sering kami lakukan kerja bakti di sepanjang sungai ini. Tapi, tanaman eceng gondok ini tumbuh lagi,” katanya.

Danramil menilai, pembersihkan sungai itu merupakan salah satu langkah yang harus dilakukan oleh dirinya bersama warga. Pasalnya, upaya itu merupakan langkah antisipasi mencegah terjadinya banjir.

“Curah hujan di Lamongan ini sudah mulai intens. Maka dari itu, karya bakti ini akan terus kita lakukan,” pungkasnya.▪︎[DANAR SP]