Kementerian PUPR Bocorkan Desain Stadion Maguwoharjo

195 dibaca

▪︎SLEMAN – POSMONEWS.COM,-
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bocorkan desain Stadion Maguwoharjo, Sleman. Dalam desain tersebut terlihat stadion dibangun dengan nuansa warna biru laut.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, mengatakan pagu pembiayaan dari APBN, tendernya sudah ada di LPSE PU sudah dilelang.

Pengerjaannya langsung ditangani Kementerian PUPR, melalui satuan kerja pelaksana prasarana pemukiman Pemda DIY akan menyusun detail engineering design (DED) sementara Pemkab Sleman hanya mengusulkan lingkup bidang pengerjaannya.

Danang mengatakan, renovasi Stadion Maguwoharjo juga akan menggunakan dana APBD 2023 di beberapa bagian.

“Sejauh ini renovasi beberapa bagian sudah dilakukan melalui APBD, termasuk APBD 2023 ini,” ungkap Danang Maharsa.

Melalui renovasi ini Danang berharap agar manajemen PSS Sleman serius mengelola klub. Ia memastikan, mulai tahun ini sudah akan ada tahapan pengerjaan renovasi di Stadion Maguwoharjo.

“Kami (Pemkab Sleman) serius dalam melakukan upaya renovasi stadion Maguwo Kandang PSS ini, manajemen PSS Sleman juga harus serius dalam mengelola klub untuk memberikan yang terbaik bagi Sleman Fans dan masyarakat Sleman pada umumnya,” kata Wakil Bupati Sleman.

Diketahui, Kementerian PUPR di tahun 2024 menganggarkan dana Rp 1,9 triliun untuk merenovasi 22 stadion di Indonesia. Stadion Maguwoharjo Sleman masuk daftar prioritas program Kementerian PUPR tersebut.

Namun warganet menganggap desain tersebut belum mewakili bahkan jauh dari ciri khas wilayah Kabupaten Sleman. Beragam tanggapan diberikan oleh warganet dalam unggahan akun Instagram Kementerian PUPR.

Pemilik akun Instagram @galih_mo menuliskan “INI STADION ATAU KANTOR PDAM…”.

Adapula akun @fernandessnino yang mengomentari “Kalo yg bangun Pemda atau pemerintah pusat pasti desainnya noraa, warna kursinya ga bisa model kekinian x.”

Lalu akun @aditiaptdra menanggapi “Designnya kaya masuk kolam renang.”

Walau begitu adapula yang memberikan masukan. Seperti akun Instagram @adipermana886 menuliskan “Tempat brigta curva sud… Jangan single side… Ndak bisa lonjak lonjak….”.

Permintaan ini ditanggapi oleh akun @kemenpupr “@adipermana886 terima kasih sarannya sahabat ????????.”

Begitupula akun Instagram @edgarprima menuliskan “Meskipun sy bukan orang setempat, plis renovnya pake warna atau instrumen lokal pak.. Lalu klo bisa beratap semua sekalian. Semoga lancar, aamiin.”

Komentar ini dibalas @kemenpupr “@edgarprima Aamiin, terima kasih sarannya sahabat.”

▪︎Desain Terbaru Stadion Maguwoharjo

Pada kondisi eksisting, Stadion Maguwoharjo memiliki tribun berdiri dengan kapasitas hingga 35.000 penonton dan direncanakan akan menjadi 20.594 dengan konsep single seat.

Pekerjaan rehabilitasi dan renovasi stadion meliputi perubahan kursi suporter menjadi single seat, perbaikan fasilitas operasional pertandingan, pemasangan kursi untuk difabel dan VVIP.

Adapula peningkatan fasilitas berstandar FIFA. Penambahan tangga untuk akses media dan penonton tamu, perbaikan toilet dan pekerjaan sistem Mechanical, Electrical, Plumbing (MEP).

▪︎Lama Pengerjaan

Rehabilitasi dan renovasi stadion seluas 11.000 meter persegi ini dilaksanakan secara Multi Years Contract TA 2023-2024 dengan jangka waktu 300 hari kalender.

Kementerian PUPR telah melaksanakan penandatanganan kontrak paket pekerjaan Rehabilitasi dan Renovasi Stadion Maguwoharjo 27 Desember 2023.

Rehabilitasi dan renovasi Stadio Maguwoharjo diharapkan dapat menciptakan sarana dan prasarana olahraga yang berkualitas tinggi sesuai dengan standar FIFA demi kenyamanan pemain dan penonton saat pertandingan berlangsung.

Renovasi ini juga diharapkan dapat menjadikan stadion ini sebagai tempat berolahraga bagi masyarakat Kabupaten Sleman, sehingga dapat membentuk pola hidup sehat.▪︎[FEND]