Tuah Karebet – Surajaya Gugah, Hadang Legitimasi Giri

172 dibaca

▪︎Prediksi “Derbi Jatim” Persela vs Gresik United FC

▪︎LAMONGAN-POSMONEWS.COM,-
Laga lanjutan Pegadaian Liga 2 musim 2023/24 telah memasuki pekan ke-4 dalam babak pendahuluan. Sejak dimulai dari tanggal 27 September sampai dengan 2 Oktober 2023, kini mulai tersaji pertandingan krusial “Derbi Jatim” antara Persela Lamongan saat menjamu Gresik United FC.

Duel derbi tetangga dekat di Grup 3, Minggu (1/10/2023) antara Persela Lamongan vs Gresik United FC akan dilangsungkan di Stadion Surajaya, Lamongan, kick off pukul 15.00 WIB.

Menariknya, dua tim yang konon menghuni kasta di Liga 1 ini baru saja mengalami kekalahan saat laga tandang. Persela dikalahkan Persekat Tegal dengan skor 0-1. Sedangkan Gresik United FC dipecundangi Deltras Sidoarjo, 1-2.

Hal tersebut membuat pertemuan Persela Lamongan dan Gresik United FC menjadi sangat penting. Karena mereka harus memburu angka demi mengamankan posisinya sebagai pesohor. Menang atau kalah bagi kedua tim yang berlaga sore nanti akan menentukan langkah berikutnya.

Kemenangan akan membuat Persela kokoh di puncak klasemen. Sementara bagi Gresik United (GU) kemenangan akan membuat mereka merengkuh dan bisa merangkak naik ke level yang lebih tinggi di klasemen Grub tersebut.

Bahasan teknis dua tim terlihat seimbang, dari materi pemain pun Persela dan GU diisi oleh eks pemain level Liga 1. Bahkan di laskar Jaka Samudra GU, kini diperkuat mantan pemain Tim Jaka Tingkir yakni I Gede Sukadana, Birrul Walidain dan Syamsul Arif.

Hanya hitungan, ada 3 faktor keuntungan masih dipegang tuan rumah Persela. Pertama, keunggulan setengah strip, ada pada taktical pelatih yakni Jajang Nurjaman vs M. Hadi. Janur memiliki jam terbang yang lebih moncer dibanding eks pelatih Persela itu. Kedua, faktor tuan rumah yang tentunya akan didukung penuh oleh puluhan ribu supporter fanatik LA Mania. Dan ketiga, adalah laga kandang Persela yang dinaungi Dewi Fortuna.

Berbicara faktor non teknis, biasanya hak domin, absoluditas dan menjadi hoky tuan rumah Tim Jaka Tingkir Persela. Faktor keberuntungan, spirit, dan motivasi bertanding di rumah sendiri memiliki atmosfir berlipat. Suntikan moril, sorak sorai, yel-yel, nyanyian dan teriakan pembakar semangat dari supporter menjadi energi yang maha hebat untuk sebuah kemenangan.

Sore, nanti Stadion Surajaya ajan menjadi bukti sejarah, dan magis kota Gresik dan Lamongan yang memiliki temali benang merah dan tuah tokoh-tokoh leluhurnya. Jalinan sejarah Sunan Giri IV ( Sunan Prapen) yang mendudukkan Rangga Hadi yang kemudian bergelar Tumenggung Surajaya menjadi Adipati Lamongan. Peristiwa bersejarah ini terjadi di peringatan Hari Besar Islam yaitu Iduladha tanggal 10 Dzulhijjah 976 H atau pada Hari Kamis Pahing tanggal 26 Mei 1569 M.

Fakta Lamongan menjadi bagian penting Gresik, tercatat dalam Serat Kandha, Babad Sangkala, Babad Tanah Gresik, naskah Trah Brawijaya V Tedhak Pusponegaran dan beberapa tulisan dari peneliti seperti de Graaf dan Pigeaud (1986). Konon pasukan elite Sengguruh yang merupakan penutup kejayaan Kerajaan Majapahit, saat itu melakukan ekspansi ke Lamongan. Dipimpin langsung Adipati Sengguruh yang memiliki nama Arya Terung, membuat Lamongan jatuh.

Sehingga ekspansi Sengguruh berlanjut ke Giri. Namun mereka harus takluk oleh tuah dan karomah tokoh Giri yang bisa menggunakan pasukan lebah.

Kekalahan Adipati Terung atau Adipati Sengguruh, menurut Tedhak Dermayuda, membuat beberapa daerah lainnya ikut takluk dan mengikui jejak Islam. Jaha, Wendit, Kepanjen, Dinaya, dan Palawijen masuk Islam karena para penguasanya ditaklukkan oleh Putera Sunan Giri.

Peristiwa sejarah masa lampau ini akan menjadi kilas balik laga Tim Jaka Tingkir Persela Lamongan saat menjamu Jaka Samudra GU. “Hakikatnya sama-sama membara”, tutur pengamat sejarah dan budayawan Lamongan Arie Kaotan yang mengaku, tadi pagi memantau langsung pancaran energi positif di Stadion Surajaya.

Maka, menurut Cak Arie, faktor non teknis lah yang akan mempengaruhi kemenangan tuan rumah. Selain wasit dan penonton, maka tuah Jaka Tingkir atau Mas Karebet dan Surajaya juga akan bangkit. Gugah untuk mencapai kemenangan dan kejayaan Lamongan. Semoga.▪︎[DANAR SP]