KemenPUPR Ungkap Proyek Tol Terpanjang di Indonesia

92 dibaca

▪︎Bakal Habiskan Biaya Investasi Rp 56,20 Triliun

▪︎JAKARTA – POSMONEWS.COM,-
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkap kabar terbaru dari proyek jalan tol terpanjang di Indonesia. Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap (Tol Getaci).

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, mengungkapkan bahwa saat ini proyek tol tersebut masih dalam tahap lelang.

Dia mengungkapkan, Jalan Tol Getaci menjadi salah satu PSN yang penyelesaiannya molor melewati tahun 2024 karena sebelumnya sempat terkendala masalah biaya.

“Getaci kan masih lelang, sabar. Kita masih tender jadi masih lelang dan jadinya (selesai dan dioperasikan) lewat 2024,” kata Hedy saat ditemui di sela-sela peresmian Jalan Tol Cinere – Serpong.

Hedy mengungkapkan, apabila proses lelang berjalan lancar, konstruksi proyek tol tersebut akan dilaksanakan pada kuartal II/2024.

“Konstruksinya tahun ini, mungkin bisa semester 2 mungkin ya,” ujarnya.

Perlu diketahui, berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, ruas tol Gedebage-Tasikmalaya-Ciamis yang akan menjadi jalan tol terpanjang RI memiliki total panjang ruas mencapai 108,3 kilometer (km).

Jalan tol yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) ini pada awalnya dicanangkan akan melintas di dua provinsi yakni Jawa Barat sepanjang 171,40 km dan Jawa Tengah sepanjang 35,25 km dengan total panjang 206,65 km.

Secara lebih rinci, Tol Getaci terdiri dari 4 seksi yakni Seksi 1 Junction Gedebage – Garut Utara (45,20 km), seksi 2 Garut Utara – Tasikmalaya (50,32 km), seksi 3 Tasikmalaya – Patimuan (76,78 km), dan seksi 4 Patimuan – Cilacap (34,35 km).

Sementara itu, pembangunan Jalan Tol Getaci diperkirakan akan menghabiskan biaya investasi sekitar Rp 56,20 triliun dan masa konsesi selama 40 tahun yang terhitung sejak penerbitan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK).
▪︎[FEND]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here