Memotivasi Siswa ke PTN, SMANKAR Lamongan Kunjungi ISI Yogyakarta

128 dibaca

▪︎LAMONGAN-POSMONEWS.COM,-
Kunjungan kampus merupakan kegiatan siswa- siswi SMA yang berkunjung ke sekolah tinggi (Perguruan Tinggi Negeri, red) untuk mengenali lebih mendalam atmosfer dunia dan ruang lingkup kampus agar mereka memiliki minat dan motivasi untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sebagai kegiatan rutin di setiap sekolah, kunjungan kampus menjadi salah satu langkah penting dalam proses seleksi perguruan tinggi bagi siswa SMA untuk dapat melihat secara langsung lingkungan kampus dan memutuskan untuk memilih kampus terbaik versi mereka.

Pentingnya program kunjungan kampus ini membuat SMA Negeri 1 Karangbinangun, Kab. Lamongan, membidik dua PTN Yogyakarta yakni ISI dan UNY sebagai tujuan kunjungan.

Kunjungan kampus ke kota pelajar dan budaya Yogyakarta ini dilaksanakan pada hari Selasa – Kamis, tanggal 12-14 Desember 2023. Dengan diikuti oleh. 153 siswa kelas XII jurusan IPA-IPS, serta 12 Walikelas dan Guru Pendamping.

Dalam prosesi apel pemberangkatan peserta dan Doa, Kepala SMA Negeri 1 Karangbinangun, Drs.H. Ali Nurdin, M.Pd menegaskan bahwa kunjungan ke perguruan tinggi dapat menjadi motivasi dan acuan bagi para siswa untuk memilih Program Studi yang sesuai dengan minat dan kemampuan siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri favorit sesuai keinginannya.

“Kita melihat pentingnya kunjungan kampus ini, dan kegiatan ini sangat menyenangkan pun tidak terlupakan, karena anak-anak punya kesempatan melihat sekilas tentang masa depan serta mulai bersemangat untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi, sebagai bekal selanjutnya dalam hidup mereka,” tuturnya.

Rombongan siswa SMANKAR tiba di Yogyakarta, Rabu (13/12/2023) dengan melakukan kunjungan di Fakultas Seni Rupa, Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta di kawasan Jl. Parangtritis Km. 6,5 Sewon Bantul Yogyakarta.Rombongan diterima oleh Aji Kusuma, S.T, Bagian Humas dan Komunikasi Mahasiswa

Sesi seremonial di Gedung Sasana Ajiyasa lantai 2 ISI Yogyakarta itu, Drs. H. Akhiat, S.Pd sebagai ketua rombongan SMANKAR dan mewakili Kepala Sekolah memberikan sambutan sekaligus sekapur sirih. Dilanjutkan oleh Aji Purnama yang memberikan presentasi profil ISI sebagai satu alternatif pilihan siswa untuk melanjutkan jenjang belajarnya.

Peserta kunjungan menyimak pemaparan menyangkut selayang pandang ISI khususnya FSR lewat audio visual. Dilanjut sesi tanya jawab dari beberapa siswa SMANKAR yang memiliki asa dan minat untuk memilih kampus ini.

“Semua profil ISI dan lain-lainnya, di sesi pemaparan kunjungan ini tidak mungkin bisa menguraikan secara detail. Maka jika para siswa kurang jelas, bisa browsing di web kami. Semoga para siswa Smankar tahun depan dan berikutnya ada yang kuliah di ISI Yogyakarta,” harap Aji.

Suasana cukup cair dan gayeng hingga pukul 15.00 WIB, kunjungan diakhiri sesi ramah tamah, pemberian cindera mata, souvenir dan foto bersama. Para siswa dan Guru Pendamping juga berkesempatan untuk Ishoma di kampus ISI yang rindang itu.

Dalam kunjungan kampus ini, rombongan Smankar juga melakukan Eksplor Wisata alam dan kuliner. Mereka mengunjungi HeHa Sky View di kawasan Jl. Dlingo-Patuk No.2, Patuk, Bukit, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yangvdikenal dengan pemandangannya yang cukup eksotis untuk refresing.

Destinasi wisata ini konon dibuka pada 2019. HeHa Sky View menawarkan beragam spot foto yang instagramable. Sesuai konsepnya untuk swafoto dengan landscape alam dan taman. Jadi, bagi para pecandu swafoto, alam dan kuliner, HeHa Sky View bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang tepat. Untuk para treveller atau pemburu foto cantik untuk datang ke destinasi yang terletak di Gunungkidul ini.

Para siswa dengan riang gumbira mengabadikan, momen dengan berfoto bersama rekan-rekan sekelasnya. Adapun di sore hari tak lupa juga mampir di Wisata Kuliner, pusat oleh-oleh jajanan khas Yogyakarta yakni bakpiah. Mereka diajak mengunjungi bakpiah milik salah satu selebgram dan youtuber ternama tanah air.▪︎[DANAR SP]