Agus Suyanto: Kebangkitan BUMDes Awal Kebangkitan Pasar Rakyat

296 dibaca

▪︎PASURUAN-POSMONEWS.COM,-
Di balik sukses tour Pasar Rakyat 1000 BUMDes di halaman Pasar Wisata BUMDes Desa Pakukerto, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, yang sedang berlangsung tanggal 2-18 Juni 2023, tak lepas dari peran Kades Pakukerto, panitia Pemdes, panitia BUMDes, Karang Taruna dan dukungan tokoh Desa setempat, Agus Suyanto.

Agus Suyanto, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan dari Fraksi PKB ini, sangat senang tiap malam Pasar Rakyat di desanya disambut meriah oleh warga setempat.

“Alhamdulillah, tiap malam pengunjung selalu ramai,” katanya tadi siang.

Melihat suksesnya acara, Agus mengatakan begitu pentingnya pembangunan ekonomi kerakyatan dalam rangka membangun sistem ketahanan ekonomi lokal.

“Dengan semakin menguatnya sistem Ekonomi Kapital dan Oligarki sangat mendegradasi perekonomian dan merugikan perekonomian rakyat,” tuturnya.

Dengan adanya BUMDes yang ikut bergerak kegiatan Pasar rakyat, lanjut dia, ikut menguatkan ekonomi kerakyatan.

“Saatnya rakyat sadar dan bangkit untuk kembali pada sistem perekonomian berbasis kerakyatan,” tambahnya.

Kapitalis dan oligarki itu, katanya lagi, telah berhasil mempengaruhi masyarakat luas dalam sebuah sistem ekonomi yang jelas-jelas berdampak tidak baik terhadap keberlangsungan kesehatan ekonomi rakyat.

Agus Suyanto yang dikenal sebagai pembina pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ini, mengapresiasi atas bermunculannya BUMDes-BUMDes di semua Desa yang berhasil mewujudkan pasar-pasar desa sebagai pusat kegiatan ekonomi masyarakat desa.

“Dengan bergeliatnya pasar desa, diharapkan akan menjadi semangat kebersamaan menciptakan sebuah perputan ekonomi dari Rakyat untuk Rakyat,” tambahnya.

Agus mencontohkan program hasil sinergi dan kolaborasi yg sedang berlangsung di Pasar Desa Wisata Pakukerto Kec. Sukorejo.

Melalui kerjasama pihak BUMDes dengan Event Organizer (EO) Akar Rumput Production Surabaya ini, Desa bisa menghelat Pasar Rakyat selama 17 hari di lokasi Pasar Desa.

Kegiatan didukung Honda MPM, Djarum 76, TIMEIndonesia, MenaraMadinah, Jatimkini dan Posmonews.▪︎(DAH)