Jantung dan Garda Depan Pengawasan Pemilu 2024

254 dibaca

▪︎Bawaslu Lamongan Lantik Panwas Desa/Kelurahan

▪︎LAMONGAN-POSMONEWS.COM,-
Sebanyak 474 Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) Kelurahan/Desa se-Kabupaten Lamongan dilantik oleh Bawaslu Lamongan, bertempat di GOR Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, Minggu (5/2/2023).

Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Lamongan, Miftahul Badar, Pelantikan PKD ini merupakan agenda yang amat krusial dalam tahapan penyelenggaraan Pemilu serentak 2024 mendatang. Mengingat, PKD menjadi garda terdepan dalam kepengawasan tahapan Pemilu di tingkat desa/kelurahan.

“Bawaslu Lamongan melaksanakan acara Pengucapan Sumpah dan Pelantikan PKD se-Kabupaten Lamongan. Dalam tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024, pelantikan 474 anggota PKD ini adalah agenda yang krusial.

Kami mengibaratkan, pengawas kelurahan/desa merupakan jantung kepengawasan, garda terdepan pengawas Pemilu 2024. Andai saja tanpa PKD, tentu pengawasan Pemilu tingkat kelurahan/desa tidaklah maksimal,” terangnya.

Oleh karena itu, Badar, sapaan akrab Ketua Bawaslu, berharap kepada seluruh anggota PKD yang baru saja dilantik itu tidak hanya mampu melaksanakan tugasnya dengan penuh rasa cinta, namun juga penuh tanggung jawab.

“Bapak-ibu PKD semuanya, mari melaksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab dan amanah. Kita cintai tugas ini, karena hanya cinta yang menjadikan semuanya menjadi ringan,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengungkapkan bahwa diperlukan kolaborasi dan sinergi yang kuat agar pelaksanaan Pemilu 2024 dapat dilaksanakan secara jujur, adil bertanggung jawab dan bermartabat.

Pihaknya juga menegaskan, Pemerintah Kabupaten Lamongan siap mengambil peran dalam mengawal Pemilu atau Pemilihan Serentak 2024 di Kabupaten Lamongan. Dengan peran dan partisipasi dari semua pihak, Bupati Yuhronur optimis, pelaksanaan Pemilu di Lamongan bakal berlangsung sukses.

“Dalam pelaksanaannya akan terus kita kawal sehingga tercipta kolaborasi yang besar dan kuat. Menciptakan energi besar bagi Bawaslu Lamongan, karena pengawasan ini menjadi elemen kunci dalam pelaksanaan pemilu yang akan datang,” paparnya.

Orang nomor satu di Lamongan ini juga menyampaikan selamat dan sukses kepada para anggota PKD terpilih. Tak lupa ia juga mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Bawaslu Lamongan dan Panwaslu Kecamatan se-Lamongan yang telah melalui proses panjang dalam menyukseskan terselenggaranya pesta demokrasi 2024.

“Atas nama pribadi dan Pemkab Lamongan, saya mengucapkan selamat atas dilantiknya saudara-saudara sebagai PKD pada Pemilu serentak 2024. Saya yakin anda semua telah melewati ikhtiar yang panjang untuk mendedikasikan diri demi kesuksesan rangkaian Pemilu,” ungkapnya.

“Tentu amanah yang diberikan saudara semua dapat dilaksanakan sebaik-baiknya. Saya juga menyampaikan terima kasih kepada Bawaslu Lamongan dan Panwaslu Kecamatan yang telah melalui proses panjang demi terselenggaranya pemilu yang sukses,” tambahnya.
*DANAR/ ARIFIN*