Jembatan Penghubung Sidoarjo – Gresik segera Dibangun

404 dibaca

▪︎Kades Penambangan: Mimpi Kita dan Masyarakat Sampai Kapan

▪︎SIDOARJO-POSMONEWS.COM,-
Tim Survey Kementerian Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang (PUTR), Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Provinsi Jawa Timur, sudah meninjau lokasi, obyek yang akan dibangun jembatan
penghubung lintas Kabupaten Sidoarjo – Gresik, Selasa (10/1/23) lalu.

Rombongan Tim Survey tersebut, berkumpul di Pendopo Balai Desa Penambangan, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo. Dengan didampingi Kepala Desa setempat, H. Helmy Firmansyah.

Wacana pembangunan jembatan lintas kabupaten tersebut sudah lama sekali mencuat kepermukaan. Namun, hingga saat ini belum juga terealisasi, entah apa yang menjadi kendala.

Isu itu sudah sampai ditelinga masyarakat, terutama warga Desa Wringinanom, kebanyakan mereka bekerja di kawasan industri bypass Krian. Untuk itu, warga Gresik di perbatasan Sidoarjo berharap jembatan tersebut segera dibangun.

“Harpir setiap hari saya naik perahu tambangan sebagai alat transportasi pengganti jalan alternatif. Apalagi musim penghujan, disaat air sungai lagi pasang, sering terjadi kecelakaan perahu hanyut karena lepas kendali, dan membawa korban jiwa,” kata Suwarno.

Sementara itu Kepala Desa Penambangan, Helmy Firmansyah, membenarkan kalau ada tim survey meninjau lokasi obyek rencana pembangunan jembatan lintas kabupaten.

“Rombongan tim survey kita ajak melihat lokasi, sambil menentukan spot area yang akan dibangun. Hasilnya masih menunggu dari tim survey dalam mengkaji ulang,” ujar Helmy Firmansyah.

Lebih lanjut Helmy Firmansyah mengungkapkan, rombongan tim survey sempat berkoordinasi dengan Camat Wringinanom, Gresik, malah Camat Wringinanom, memberi pandangan, jembatan gantung yang akan dibangun itu, seyogyanya digeser ke sisi barat, agar keberadaannya berdiri di tanah untuk fasilitas umum,” tandasnya.

Dia berharap, pada tahun 2023 jembatan penghubung tersebut dapat terealisasi, kalau melihat sisi manfaatnya sangat luar biasa, dapat menjadi penghubung peningkatan taraf hidup dan perekonomian warga antarkabupaten serta dapat mengurai kemacetan di simpang empat Legundi.

Proses pembangunan jembatan tersebut tinggal menunggu jawaban dari tim survey. Kecamatan Wringinanom juga sudah memberi lampu hijau. Harapannya tahun ini dapat terealisasi agar pengguna jalan khususnya kendaraan roda dua tidak berlama-lama ngantri disimpang empat Legundi.▪︎[FEND/KI]