Kodim 0812 – PPKB Kab. Lamongan Gelar Sosialisasi Stunting & Pelayanan KB

187 dibaca

▪︎LAMONGAN-POSMONEWS.COM,- Sinergi PPKB Kab Lamongan bersama Kodim 0812/ Lamongan menggelar Sosialisasi Stunting dan Pelayanan KB Kesehatan Reproduksi dalam rangka Penyelenggaraan KB Kesehatan semester di Tahun 2022 di wilayah Kodim 0812 Lamongan yang bertempat di Aula Kadetsuwoko, Kamis, (29/09/2022).

Dalam acara itu menghadirkan narasumber dari Kadis PPKB Kab Lamongan Drg. Fida Ida nNraida, Mkes, Koordinator Bidang PPKB.

Hal tersebut juga merujuk pethal Sosialisasi KB & Kesehatan yang telah menjadi agenda Nasional dan secara rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Kodim 0812/ Lamongan.

Mengawali kegiatan Sosialisasi Stunting dan Pelayanan KB Kesehatan Reproduksi ini mendapat sambutan dari Kadis PPKB, Drg. Fida Ida Nuraida, Mkes, yang memberi informasi penting bahwa, Bangsa Indonesia mengalami masalah yang serius, salah satunya adalah stunting.

“Diharapkan semua lini serius dalam menghadapi stunting agar indonesia semakin maju. Betapa pentingnya 1000 HPK dalam penurunan stunting,” terangnya.

Hal ini menurut Drg. Fida, menjadi tantangan semua pihak, bersama untuk memperkuat Program tersebut dalam mendukung Percepatan Penurunan Stunting melalui Sosisalisasi Stunting dan Pelayanan KB.

Perlu menjadi perhatian bahwa pencapaian Program KB dalam Percepatan Penurunan Stunting sangat ditentukan oleh kesertaan masyarakat terutama dalam hal ini Pasangan Usia Subur (PUS) dalam ber KB.

“Penggunaan KB mampu mencegah kejadian stunting yaitu ibu mempunyai banyak waktu, energi, dan sumber daya untuk menyusui bayi yang dilahirkan dan fokus terhadap pengasuhan anak pada periode 1000 HPK. Kehamilan yang direncanakan dan terjadi ketika wanita berusia > 18 tahun, praktik menyusui menjadi lebih baik dan mengarah pada perbaikan nutrisi anak,” terangnya.

Hal tersebut tentunya perlu didukung dengan sarana dan prasarana KB yang memadai serta tenaga pelayanan KB yang kompeten dan pemahaman masyarakat terkait Program ini

Untuk terus meningkatkan komitmen masyarakat (Pasangan Usia Subur) dalam ber KB diperlukan pula adanya dukungan dari berbagai pihak terkait antara lain stakeholder, provider dan mitra kerja baik pemerintah maupun swasta untuk memberikan pelayanan KB yang berkualitas. Karenanya sangat penting untuk terus menjalin kerjasama dalam meningkatkan komitmen dan dukungan dari berbagai pihak untuk pencapaian program tersebut.

Hal ini tidak mudah mengingat tantangan dalam Percepatan Penurunan stunting adalah Komitmen dan dukungan berkelanjutan dari Pimpinan, Pengetahuan dan Pendidikan Gizi, Koordinasi dan Integrasi Intervensi Gizi, Kapasitas dan Kualitas pelaksana program kegiatan dan Upaya Advokasi, Kampanye, Pendidikan Gizi, Konseling dan Diseminasi Informasi. Serta pelayanan bongkar pasang Implant sebanyak 24 Aseptor

Berdasarkan hal tersebut maka dipandang perlu dilaksanakan kegiatan terintegrasi Sosialisasi Stunting dan Pelayanan KB

Adapun Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0812 / Lamongan Kapten Chb. Agung menjelaskan Kegiatan Sosialisasi Stunting ini juga melibatkan ibu-ibu keluarga besar Kodim 0812 Lamongan yang tergabung dalam Persit Kartika Chandra Kirana yang ada di masing masing wilayah Kodim 0812 Lamongan, Bersama-sama lintas sector terkait Dinas Kesehatan, PPKB, IBI, Koordinator PKB, PKB diharapkan program percepatan penurunan stunting ini dapat segera dicapai dengan meningkatkan kesadaran pentingnya Pendewasaan Usia Perkawinan, Perencanan Kehidupan Berumah tangga, Pengaturan Jarak Kehamilan / 4 tahunan.

“Hal ini semua adalah untuk meningkatkan sinergitas antara jajaran TNI dengan Pengelola KB berupa penyuluhan, konseling dan pendampingan calon akseptor KB,” ungkapnya.**(DANAR SP)