Festival Rajungan Megilan 2022, Bumikan Potensi Kuliner Pantura

187 dibaca

▪︎LAMONGAN-POSMONEWS.COM,-
Festival Gandrung Rajungan Megilan 2022 yang tergelar di Halaman Wisata Bahari Lamongan (WBL), Selasa (13/9/2022) kemarin berlangsung meriah dan sukses.

Hal ini membuktikan potensi wilayah Pantura Kabupaten Lamongan Jawa Timur, khususnya kecamatan Brondong dan Paciran yang luar biasa di bidang penghasil ikan laut atau seafood seperti aneka ikan, kepiting, dan rajungan.

Pasca festival ikan pindang di Paciran Minggu lalu, Lamongan menggelar Festival Gandrung Rajungan Megilan 2022 ini yang dimaksudkan untuk mengangkat potensi kuliner lokal sebagai bentuk local pride, yang dipersembahkan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Dari area parkir Wisata Bahari (WBL) Festival Rajungan ini berlangsung dengan skedule dan tertata menarik pengunjung. Terlihat berbagai kegiatan seperti 1000 porsi rajungan gratis untuk pengunjung, aneka bazar yang diikuti oleh Bumdes dan lembaga pendidikan se-Kecamatan Paciran.

Partisipasu dari berbagai stan yang menawarkan berbagai produk unggulan pun dijual, mulai dari batik khas Lamongan, ikan asin, frozen seafood, kerupuk ikan, petis ikan khas Paciran, ikan asap, serta beragam minuman dan makanan olahan ikan lainnya.

Camat Paciran, Agus Hendrawan selaku Ketua Panitia festival mengatakan pada media bahwa Festival Gandrung Rajungan 2022 ini sengaja digelar untuk memaksimalkan potensi kuliner khas Pantura Lamongan sekaligus mengenalkannya ke masyarakat luas.

“Festival yang kita agendakan tiap tahun ini sebagai bentuk mengangkat potensi-potensi yang ada, serta mengenalkan kuliner dan jajanan khas yang ada di Paciran. Harapannya kegiatan ini menarik perhatian masyarakat Lamongan dan masyarakat luar daerah untuk menggandrungi kuliner kita,” tuturnya.

Sedangkan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang hadir dan membuka Festival ini menyampaikan apresiasinya atas ide kreatif dan inovasi dari panitia dalam mengangkat potensi lokal yang dimiliki oleh Lamongan.

Demi melihat antusiasme warga masyarakat yang hadir dalam memeriahkan Festival Gandrung Rajungan ini, Bupati Yuhronur optimis bahwa produk-produk Lamongan akan semakin dikenal dan mampu menghidupkan dan memaksimalkan perekonomian masyarakat.

“Alhamdulillah, hari ini sungguh luar biasa. Saya berterima kasih atas inisiatif dari para nelayan pantura dan seluruh Bumdes di Kecamatan Paciran, sehingga terselenggara Festival Gandrung. Rajungan Terbesar 2022 ini berjalan dengan sukses,” ujar Bupati Yuhronur.

Lebih lanjut, pihaknya berharap, melalui kegiatan semacam ini nantinya banyak yang bakal mengenal bahwa Pantura Lamongan adalah gudangnya rajungan.

Dari pantauan posmonews.com, meski suasana panas terik namun tidak mengurangi kemeriahan acara. Bahkan tampak ribuan masyarakat tumpah ruah memadati festival ini. Dalam waktu singkat kupon untuk mendapatkan 1.000 porsi rajungan secara gratis itu habis kikis. Hal yang membuat sedikit kecewa pengunjung, namun mereka masih bisa mendapatkan rajungan dan kuliner lainnya dengan membeli di stan festival.

Choirul Amin (50), warga Simogunung, Surabaya mengaku, ia bersama rombongan 4 mobil yang datang untuk ikut merasakan kemeriahan Festival Rajungan terbesar yang ada di Lamongan. Meski datang terlambat dan tidak kebagian kupon menikmati rajungan gratis, pihaknya merasa senang lantaran bisa merasakan keriuhan festival yang berlokasi di WBL ini.

“Saya bersama rombongan tertarik dengan festival ini. saya jauh-jauh datang dari Surabaya untuk bisa mengikuti festival ini dan tujuan silaturahmi di salah satu pondok di Paciran ini. Meski saya tidak kebagian kupon, tapi nanti saya bisa membeli yang ada di stan yang menjual berbagai kuliner Lamongan Pantura ini,” ucapnya.**(DANAR/ARIFIN)