Carnaval 2022, Arus Lalin Jalan Raya Sembayat-Manyar Dialihkan

2,042 dibaca

▪︎GRESIK-POSMONEWS.COM,-
Pelaksanaan tradisi tahunan Carnaval di Desa Sembayat, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Rabu (17/8/2022) Jalan Raya Sembayat, Bungah, Sidayu, arus lalu lintas (Lalin) dialihkan sementara.

Pengalihan arus Lalin tersebut dilakukan karena jalan utama penghubung Kecamatan Manyar, Bungah, dipergunakan peserta Carnaval Sembayat 2022.

Menurut edaran dari Pemda Gresik, dan Kepolisian, bahwa pelaksanaan Carnaval Sembayat 2022 pengguna kendaraan bermotor diminta menghindari jalur tersebut selama pelaksanaan carnaval.

Pemberitahuan rekayasa arus lalu lintas dan pengalihan arus sudah tersebar di media sosial. “Sehubungan Dengan Acara Peringatan HUT RI ke-77 KARNAVAL DESA SEMBAYAT” Rabu 17 Agustus 2022 sore, mulai pukul 15.00 WIB-selesai, dimohon para pengguna jalan kendaraan bermotor untuk menghindari Jalan Pantura terutama Jalan Raya Sembayat.

Sedangkan untuk rekayasa dan pengalihan arus lalu lintas, pengguna jalan dari Kabupaten Lamongan melewati Jalan Raya Desa Betoyo–Surabaya.

Pengguna jalan raya ke Gresik–Surabaya pengendara bermotor dari Kabupaten Lamongan dialihkan melewati jalur Jalan Raya Bagan–Banjerwati, Paciran, Lamongan.

Seperti diketahui pelaksanaan Carnaval Sembayat 2022 bakal dihadiri ribuan warga dari berbagai desa dan daerah sekitar, serta tidak hanya masyarakat Gresik, tapi juga dari Lamongan, Tuban, dan Surabaya.

Apalagi selama 2 tahun lebih pelaksanaan tradisi Carnaval Sembayat tidak digelar. Vakumnya acara untuk memeriahkan perayaan “agustusan” tersebut dikarenakan terjadinya wabah COVID-19 yang melanda Indonesia.

Kepala Desa Sembayat, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Amin, mengatakan bahwa terakhir kali pelaksanaan Carnaval Sembayat digelar tahun 2018 lalu.

Kades Amin mengungkapkan, Carnaval Sembayat 2022 dilaksanakan, Rabu (17/8/2022) mulai pukul 15.00 WIB hingga selesai. Carnaval tahun ini mengambil tema “Sembayat Bangkit Semangat Berkarya Tanpa Batas Tetap Kreatif dan Produktif”.

“Insyaallah stratnya depan Balai Desa Sembayat Jalan Raya Sembayat dan melintasi 3 dusun Sembayat tengah, barat, dan timur,” ujar Kepala Desa Sembayat, Amin saat ditemui di kantornya, Senin (15/8/22).

“Kami sudah memberikan surat pemberitahuan ke Polsek Bungah, Sidayu, Ujung Pangkah dan Polsek Panceng, saya lampirkan juga copy surat izin dari Polres Gresik,” kata Amin.

Untuk itu, Kades Amin, meminta maaf kepada seluruh pengguna Jalan Raya Sembayat. Sebab perjalanannya merasa terganggu selama pelaksanaan Carnaval Sembayat 2022.

“Sekali lagi, saya atas nama panitia dan Pemerintahan Desa Sembayat, mohon maaf pada para pengguna Jalan Raya Sembayat,” ujarnya.

Walaupun event ini tingkat desa, tetapi skalanya melebihi tingkat kabupaten atau pun provinsi. Bahkan warga rela meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memeriahkan carnaval tersebut.

“Maaf kalau pengguna jalan dari Gresik-Lamongan-Tuban jalur pantura bakal dialihkan sementara saat pelaksanaan carnaval,” tambah Amin.

Ditegaskan Kades Amin, Carnaval Sembayat 2022 juga dilakukan penilaian. Sedangkan penilaiannya meliputi, kekompakan tim, keindahan properti, keselarasan pakaian dengan properti yang dibikin.

“Setelah salat Ashar, properti canaval dari 23 RT sudah dibawa ke depan Bali Desa Sembayat, dan diletakkan sesuai dengan nomor urut undian. Baru setelah salat Mahgrib, acara pelepasan peserta carnaval,” paparnya.

Kades Amin berharap dalam pelaksanaan carnaval berjalan lancar tidak ada kendala, serta tidak turun hujan.

“Untuk peserta Carnaval Sembayat 2022, juara 1, 2, dan 3 mendapatkan uang pembinaan+tropy, serta juara harapan 1 dan 2 juga mendapatkan uang pembinaan+tropy,” pungkas Kades Amin.**(zi/ahm)