Rebusan Daun Suruhan Mampu Bebaskan Asam Urat

129 dibaca

▪︎POSMONEWS.COM,-
PENYAKIT asam urat masih menjadi momok bagi masyarakat. Penyakit yang satu ini kelihatannya sepelih, namun cukup berbahaya. Semakin bertambahnya usia, ada saja penyakit yang menyerang tubuh. Bagamana agar terhindar dari asam urat?

Asam urat memang masih menjadi momok menakutkan bagi banyak orang, apalagi ketika kambuh. Saat asam urat kambuh, segala aktivitas yang sedang kita kerjakan akan terhenti karena sakitnya yang tak tertahankan.

Asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Maka dari itu, kita harus tahu cara mengatasi asam urat yang cepat!

Untuk mengusir gangguan asam urat tidak perlu pakai obat mahal, karena ada cara mengatasi asam urat dengan bahan alami yang mudah kita temukan. Cara mengatasi asam urat ini salah satunya dengan minum air rebusan suruhan.

Siapa menyangka kalau air rebusan suruhan ternyata ampuh atasi asam urat secara kilat. Lalu seperti apa daun suruhan tersebut? Berikut dara membikin rebusan daun suruhan dikutip dari
health.grid.id dan SajianSedap.com:

Air Rebusan Daun Suruhan

Namanya memang asing, tapi pasti kita sering melihat daun ini di pinggir jalan atau halaman rumah.
Suruhan merupakan tanaman liar yang berbentuk bulat telur, melebar dengan ujung lancip dan banyak tumbuh di pinggir saluran air atau pinggir jalan.

Suruhan memiliki batang berbentuk bulat, lunak, dan kaya akan air. Tapi tahukah suruhan ini juga rupanya bisa kita manfaatkan untuk mengatasi asam urat tinggi.
Caranya dengan mengolahnya sebagai air rebusan suruhan.

Daun suruhan mengandung alkaloid, tanin, saponin, polifenol, kalsium oksalat, lemak, dan minyak atsiri. Dimana Kandungan tersebutlah yang membuat suruhan efektif meredakan asam urat tinggi bila dikonsumsi secara rutin.

Menurut buku berjudul Atasi Asam Urat & Rematik ala Hembing, untuk membuat obat herbal asam urat dari suruhan cukup mudah.

Cara Buat Air Rebusan Suruhan

1- Pertama sediakan suruhan segar 30 gram dan ciplukan 30 gram.

2- Cuci semua bahan sampai bersih lalu rebus dengan air 300 ml.

3- Rebus sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar 150 ml. Lalu, dinginkan dan saring.

Selain untuk mencegah penyakit asam urat kembali atau kambuh sebaiknya kita menjalankan pola hidup sehat agar kadarnya terkontrol.

Dikutip dari Mayo Clinic dijelaskan bahwa penyakit asam urat tinggi termasuk bentuk radang sendi yang umum dan kompleks. Penyakit ini ditandai dengan munculnya nyeri yang tiba-tiba parah, bengkak, kemerahan, dan nyeri di satu atau lebih persendian.
Biasanya sendi yang terkena asam urat akan memicu bengkak, terasa panas dan sangat sakit tidak tertahankan.

Penyakit asam urat sendiri merupakan penyakit kambuhan.
Sehingga penderitanya bisa kembali terserang asam urat jika tidak mengindari pemicu penyakitnya.**(DANAR/ARIS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here