Unipa Gelar Workshop di SMP PGRI 1 Buduran

291 dibaca

▪︎SIDOARJO–POSMONEWS.COM,-
Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya menggelar workshop, berupa Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia di SMP PGRI 1 Buduran, Sabtu (19/3/2022). Kegiatan ini merupakan pelaksanaan program Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Unipa.

Dari Unipa yang hadir: Kaprodi Pendidikan Matematika, Erna Puji Astutik, S.Si, M.Pd, M.Sc; Kepala Divisi Kerjasama dan Protokoler, Dr. Drs. Sunyoto Hadi Prayitno, S.T., M.Pd; Kepala Laboratorium Pendidikan Matematika, Hanim Faizah, S.Si, M.Pd; pemateri 1, Dr. Prayogo, M.Kom; pemateri 2, Eko Sugandi, S.Pd, M.Pd, Ketua panitia, Moh. Syukron Maftuh, S.Pd, M.Pd, serta para anggota tim.

Dari SMP PGRI 1 Buduran yang hadir: Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Indrajayanti Ratnaningsih, S.Si, M.Pd; Kaur Kurikulum, Dra. Lasmi; Kaur Kesiswaan, Dra. Lilik Tri Utami; Kaur Sarpras, Erwin Novianto, S.Pd; Kaur Humas, Drs. Koesmoko, serta para guru peserta pelatihan.

Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Indrajayanti Ratnaningsih, S.Si, M.Pd, saat membuka workshop mengatakan, kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia ini merupakan program kerja sama Unipa dan SMP PGRI 1 Buduran. Materi pelatihan didasarkan pada hasil angket para guru melalui google form.

“Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi ajang sharring, berbagi ilmu untuk para pendidik. Selanjutnya diharapkan akan berdampak positif pada pembelajaran peserta didik,” ujarnya.

Menurutnya, pada tahun ajaran mendatang, SMP PGRI 1 Buduran akan menggunakan Kurikulum Merdeka. Meski semula agak takut mendaftar karena saat itu masih PTM (Pembelajaran Tatap Muka) 50 persen. Sekarang, SMP PGRI 1 Buduran sudah PTM 100 persen. Diharapkan dengan menggunakan Kurikulum Merdeka, bisa menjadi Sekolah Merdeka.

Kaprodi Pendidikan Matematika Unipa, Erna Puji Astutik, S.Si, M.Pd, M.Sc mengatakan, kegiatan tersebut merupakan hasil kerja sama Unipa dan SMP PGRI 1 Buduran. Diharapkan bisa menjadi forum berbagi ilmu yang bermanfaat untuk semuanya. Kerja sama ini bukan hanya dalam pembelajaran, tapi juga pengabdian pada masyarakat.

“Pengabdian pada masyarakat terjadwal dilakukan 1 kali per semester. Mungkin di SMP PGRI 1 Buduran bisa dilaksanakan lagi di masa mendatang. Sehingga bisa makin terjalin silaturrahim Prodi Pendidikan Matematika Unipa dan SMP PGRI 1 Buduran. Bisa juga dengan materi-materi yang lain. Kedua piha bisa bersinergi, apalagi sama-sama di bawah naungan PGRI,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Kerjasama dan Protokoler, Dr. Drs. Sunyoto Hadi Prayitno, S.T., M.Pd mengingatkan, semuanya harus bersyukur, bisa merasakan nikmat belajar, supaya ilmu menjadi berkah dan manfaat. Semoga bisa menjadi bekal untuk beribadah, bermanfaat untuk sesame dan para murid. Terkebih kalau sudah dipanggil oleh Allah SWT.

“Semoga kerja sama ini akan terus berlanjut sepanjang masa. Karena itu, terus menjalin silaturrahim dan komunikasi,” tegasnya.

Pelatihan diikuti oleh 50 orang guru SMP PGRI 1 Buduran, dari berbagai mata pelajaran. Peserta begitu antuasias mengikuti penyajian materi yang dipresentasikan oleh para pemateri. Terlebih lagi, pelatihan lebih fokus pada praktik daripada teori. Materi yang diberikan, di antaranya: desain konten untuk perancangan media pembelajaran berbasis multimedia; pembelajaran dengan memaksimalkan fitur power point; dan evaluasi pembelajaran berbasis game interaktif.
▪︎(Koesmoko, Humas SMP PGRI 1 Buduran)