Tumbuhan Liar Krokot Mampu Kendalikan Gula Darah

223 dibaca

SIAPA sangka tumbuhan liar krokot mampu menstabilkan gula darah tanpa obat diabetes. Sela ini penyakit diabetes menjadi momok bagi masyarakat. Lantas benarkah tumbuhan liar daun krokot mampu meredam keganasan diabetes?

Diabetes menjadi penyakit menakutkan banyak orang. Jika tidak ditangani dengan serius dan benar, penyakit ini bisa sangat berbahaya bahkan berujung kematian.

Tentunya, pengidap diabetes sudah mulai merubah gaya hidup dan lebih mengatur makanan yang akan dimakan. Apalagi banyak obat-obatan yang harus dimakan untuk mengurangi gula darah dalam tubuh yang melonjak.

Cara mengatasi diabetes ini ternyata bisa pakai bahan alami yang bisa kita dapatkan dengan mudah dan murah. Salah satunya adalah dengan daun krokot.

Manfaat daun krokot sering dianggap tanaman liar, ternyata bisa dijadikan obat alami diabetes.
Bagaimana cara konsumsi daun krokot untuk atasi diabetes? Berikut cara merebus daun krokot.

Daun Krokot Atasi Diabetes

Siapa sangka kalau daun krokot bisa menjadi tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat herbal alami pengendali diabetes melitus.

Dikutip SajianSedap dari GridHeath.id, hal itu seperti diungkap dalam buku berjudul “Tanaman Obat Jus untuk Asam Urat dan Rematik” dilansir dari laman Kontan.co.id.

Dalam buku tersebut disebutkan bahwa krokot mengandung tanin, saponin, vitamin A, B, dan C. Di mana kandungan tersebutlah yang membuat krokot bermanfaat sebagai herbal alami bagi penyandang diabetes melitus.

Krokot sendiri merupakan tanaman liar yang memiliki bentuk daun bulat telur dengan ujung pangkal tumpul. Sementara itu, untuk membuatnya sebagai herbal alami pengendali diabetes cukup mudah. Siapkan 120 gram krokot segar.

Ramuan Daun Krokot untuk Diabetes

1. Cuci krokot sampai bersih lalu rebus dengan air bersih.

2. Merebus krokot ini sebentar saja, jangan sampai layu.

3. Krokot yang sudah direbus lalu ditumbuk sampai halus, peras dan saring.

4. Sebagai herba alami pengendali diabetes, minum ekstrak krokot secara sekaligus.

Selain itu, penyandang diabetes juga sebaiknya tetap menjalankan pola hidup sehat dan menghindari makanan serta minuman yang memicu naiknya gula darah.

Diketahui dalam mengendalikan penyakit diabetes, penting bagi penyandangnya untuk mengontrol kadar gula darah mereka agar tetap berada dibatas aman.

Jika kadar gula darah naik diatas normal, mereka berisiko terkena komplikasi diabetes yang bisa berakibat fatal hingga berujung kematian karena menyerang organ-organ penting tubuh.

Diketahui juga bahwa tak hanya daun krokot, daun kelor juga bisa untuk kontrol kadar gula darah di tubuh.**(danar sp/alams)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here