Jaga Jantung dengan Nutrisi

157 dibaca

Jantung mempunyai peranan vital dalam tubuh. Anda wajib memberikan atensi lebih untuk menjaga kesehatannya dan memastikan agar terhindar dari risiko penyakit jantung.

MENERAPKAN pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur, merupakan kunci agar jantung kita tetap sehat. Dalam hal pola makan, pastikan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung selalu terpenuhi. Apa saja makanan yang dimaksud? Simak lima pilihan nutrisi terbaiknya, seperti yang dilansir anlene.com.

1. Makanan Tinggi Serat
Memastikan kebutuhan serat terpenuhi tubuh itu penting untuk kesehatan jantung karena dapat bantu menurunkan kadar kolesterol. Untuk memenuhi kebutuhan serat setiap harinya, sebanyak 30 gram sehari, Anda perlu mengonsumsi sekitar 3-4 porsi sayuran atau buah-buahan.
Selain menurunkan kadar kolesterol, serat juga akan membuat Anda merasa kenyang lebih cepat dan lama, hingga membantu menstabilkan gula darah. Dengan demikian Anda tidak cepat lapar, asupan kalori bisa berkurang.
Nutrisi ini bisa kamu penuhi dengan rutin mengonsumsi antara lain oatmeal, kacang-kacangan, biji-bijian, beras, gandum, buah-buahan dan sayur-sayuran.

2. Lemak Omega-3
Bicara soal nutrisi dan jantung, mengonsumsi lemak baik omega-3 tidak boleh dilupakan. Lemak sehat ini punya kemampuan super untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Peradangan inilah yang bisa merusak pembuluh darah di tubuh dan akhirnya memicu penyakit jantung dan stroke.
Selain itu asam omega-3 juga dapat menurunkan kadar trigliserida, menurunkan tekanan darah secara signifikan, mengurangi penggumpalan darah, mengurangi risiko gagal jantung dan stroke, serta memperbaiki irama jantung.
Untuk memperoleh manfaat asam lemak ini, coba makan setidaknya satu sampai dua porsi ikan dalam seminggu. Pilih ikan yang memang tinggi kandungan omega-3, seperti salmon, tuna atau patin.

3. Protein Rendah Lemak
Nutrisi ini juga dianggap tepat untuk menjaga kesehatan jantung karena kaya dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), cegah pembentukan plak, peradangan, dan penggumpalan darah.
Sumber protein hewani rendah lemak bisa kamu peroleh dari daging sapi yang lean alias tanpa gaji, ayam tanpa kulit, telur (tanpa kuning telur), dan juga susu skim. Sedangkan sumber protein nabati yang disarankan untuk dikonsumsi adalah kacang kedelai dan olahannya, serta kacang merah.

4. Mineral
Asupan mineral dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah pembekuan darah yang jadi penyebab utama penyakit jantung kronis. Ada tiga jenis mineral yang berperan penting untuk jantung:
●      Magnesium sebagai nutrisi untuk menguatkan jantung, mencegah stres dan menjaga konsistensi irama jantung serta melancarkan peredaran darah.
●      Kalium diperlukan untuk kesehatan jantung. Tingkat kalium yang rendah memiliki peran pada terjadinya tekanan darah tinggi. Peningkatan asupan kalium dapat mengurangi efek asupan sodium (garam) yang berlebih, sehingga membantu menormalkan tekanan darah.
●      Kalsium dengan kandungan yang cukup akan membantu menurunkan tekanan darah. Ini juga dapat dikonsumsi dan membantu orang-orang yang sensitif terhadap asupan garam.
Untuk memenuhi kebutuhan mineral di atas, cobalah mengonsumsi makanan dengan kadar mineral tinggi seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, gandum murni, seafood, serta susu.
Anlene Goldplus susu dewasa, tinggi kalsium, kolagen, protein dengan Nutrisi lengkap, tinggi serat  untuk bantu jaga kadar kolesterol dalam darah, sumber kalium untuk jaga tekanan darah dan tanpa penambahan gula.

5. Antioksidan
Nutrisi ini dianggap sebagai senjata ampuh untuk melawan peradangan dan mencegah oksidasi radikal yang menyebabkan kerusakan sel. Oleh sebab itu, antioksidan membuat arteri terhindar dari penyumbatan dan plak.
Jenis antioksidan anthosianin merupakan antioksidan alami yang dapat kamu temukan dalam sayur-sayuran dan buah seperti berry, tomat, dan brokoli bisa bantu melindungi pembuluh darah melawan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.
So, tak sulit kan menjaga kesehatan jantung? Yuk, penuhi asupan nutrisi terbaik ini sejak dini.(zub/berbagai sumber)