Konsumsi Biji Pepaya Mampu Kontrol Kolestelor Tinggi

210 dibaca

GAYA hidup tidak sehat menimbulkan beragam penyakit dalam tubuh. Mulai dari penyakit remeh hingga komplikasi bisa muncul jika tidak ditangani dengan baik, misalnya kolesterol tinggi.

Penyakit kolesterol tinggi, sangat berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Penyakit ini menjadi salah satu “sillent killer” yang banyak diderita dan ingin disembuhkan olah banyak orang.
Pelibatan penataan pola makan dan gaya hidup sehat bisa menjadi salah satu cara mengontrol kolesterol.

Namun terkadang ini juga tak cukup mempan, sehingga beberapa orang mengandalkan dengan mengonsumsi obat-obatan.

Alih-alih menggunakan obat-obatan yang bisa saja memiliki efek samping, bahan alami bisa lebih efektif dan minim efek samping.

Bahan alami apa yang bisa digunakan sebagai obat untuk menurunkan kolesterol tinggi?
Berikut obat alami penyembuh berbagai penyakit. Dilansir dari SajianSedap.com dan pharmeasy.in serta cara mengelolanya.

Manfaat Biji Pepaya

1. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Biji pepaya kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal seperti asam oleat. Asam lemak ini mengatur kadar kolesterol dengan mengurangi kolesterol jahat (kolesterol LDL).

Biji pepaya juga kaya akan serat. Serat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Dengan demikian, mengkonsumsi biji pepaya membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat dalam tubuh kita.

2. Antioksidan Kuat

Biji pepaya kaya akan polifenol, flavonoid, alkaloid, tanin dan saponin. Mereka adalah antioksidan kuat. Antioksidan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, melindungi kita dari berbagai penyakit.

3. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Biji pepaya melindungi hati kita. Biji ini kaya akan berbagai antioksidan yang melindungi tubuh kita dari kerusakan akibat radikal bebas.

Mereka juga membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, yang melindungi jantung kita dari berbagai gangguan.

4. Mengurangi Peradangan

Biji pepaya terbukti efektif dalam mengurangi peradangan. Biji pepaya kaya akan vitamin C dan senyawa seperti alkaloid, flavonoid dan polifenol. Semua senyawa ini menunjukkan sifat anti-inflamasi.

Dengan demikian mereka berguna dalam mencegah dan mengurangi peradangan pada penyakit seperti asam urat, radang sendi dll.

5. Properti Anti-kanker

Biji pepaya mengandung polifenol yang merupakan antioksidan kuat. Mereka mencegah tubuh kita dari berbagai jenis kanker. Biji pepaya juga mengandung isothiocyanate, yang menghambat pembentukan dan perkembangan sel kanker.

6. Nefroprotektif

Biji pepaya melindungi ginjal kita dari kerusakan. Konsumsi biji pepaya memastikan kelancaran fungsi ginjal kita.

7. Usus Sehat

Biji pepaya kaya akan serat, yang berperan dalam pencernaan usus kita. Mereka mengatur pergerakan usus kita, mengeluarkan racun dari tubuh dan dengan demikian menjaga usus yang sehat. Mereka membantu dalam sembelit.

Carpaine hadir dalam biji pepaya membunuh bakteri dan parasit di usus kita dan dengan demikian menjaga sistem pencernaan kita tetap sehat.

Karena rasanya yang pahit, kami tidak suka memakannya. Lalu bagaimana cara kita mengkonsumsinya? Nah, ada solusinya.

Giling biji pepaya menjadi bentuk bubuk. Campur bubuk ini dalam smoothie manis, jus, makanan penutup atau bahkan teh. Manisnya gula, madu atau jaggery akan mengalahkan kepahitan bijinya.**(za/alams)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here