Rempah-rempuh Ampuh “Penggempur” Kolesterol

276 dibaca

REMPAH “penggempur” penyakit kolesterol banyak ditemui di Indonesia. Selama ini rempah-rempah sering digunakan sebagai bumbu yang bikin masakan tambah sedap.

Selain sebagai penyedap masakan, rempah ternyata ampuh menurunkan kolesterol jahat secara aman dan tanpua efek samping.Rempah memainkan peran integral dalam menjaga tubuh tetap bugar.

Seperti diketahui kadar kolesterol tinggi dalam tubuh lama kelamaan bisa memicu munculnya berbagai penyakit lain seperti serangan jantung, stroke, dan lainnya.

Mengontrol kolesterol pada angka normal sangat disarankan. Selain gaya hidup sehat dan pola makan yang sehat, rempah juga bisa menjadi pilihannya.

Seperti dikutip Times of India, berikut ini rempah atau bumbu dapur yang ampuh untuk menurunkan kolesterol jahat.

1. Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini sepertinya tak pernah absen menjadi bumbu dalam setiap masakan. Selain membuat makanan lebih lezat, bawang putih ampuh membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Menurut sebuah studi dalam Avicenna Journal of Phytomedicine, ekstrak dari bawang putih bisa menurunkan kolesterol total dan LDL.

Studi lainnya dalam Journal of Nutrition juga menyebutkan, ekstrak bawang putih dapat mengurangi kadar kolesterol total dan LDL sebanyak 7 dan 10 persen. Konsumsi bawang putih juga diklaim dapat mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melawan infeksi.

2. Kunyit

Sifat anti-inflamasi alami dan kemampuannya untuk membantu tubuh meningkatkan kapasitas antioksidannya membuat kunyit harus disertakan dalam diet Anda. Circumin dalam Kunyit membantu menurunkan kadar kolesterol.Curcumin juga dapat mencegah oksidasi, dan menekan penumpukan plak pada arteri.

3. Kayu Manis

Sifat antioksidan dan antimikroba, membantu kayu manis mengurangi penyumbatan yang disebabkan karena kolesterol di sistem internal tubuh. Selain ditambahkan pada masakan, kayu manis bisa ditambahpan pada minuman atau dibuat menjadi infuse water.

4. Ketumbar

Bumbu dapur yang satu ini bisa membantu mengeluarkan kolesterol jahat dalam tubuh lewat ginjal. Selain menurunkan kolesterol jahat, konsumsi ketumbar juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Selain mencampurkan sebagai bumbu, cara lainnya adalah dengan meminum air rebusannya. Caranya, rebus segelas air dengan dua sendok biji ketumbar yang sudah ditumbuk. Air rebusan ketumbar ini bisa dikonsumsi sehari dua kali.

5. Lada Hitam

Dikenal sebagai raja rempah-rempah, lada hitam membantu tubuh menyerap rempah-rempah lainnya dengan baik, dikenal sebagai sumber antioksidan dan membantu tubuh tetap sehat. Ini memungkinkan tubuh untuk memecah sel-sel lemak dan telah terbukti membantu tubuh mengurangi kadar kolesterol.**(ahmad/sdo)