Ribuan Bonek Konvoi, Rayakan Ultah Persebaya

130 dibaca

“Ribuan Bonek memaksa masuk ke Stadion Gelora Sepuluh Nopember, Tambaksari Surabaya, Kamis (17/6/21) malam jelang peringatan ulang tahun Persebaya ke-94.”

Ribuan suporter Persebaya Surabaya, Bonek Mania, memadati jalanan sekitar Stadion Gelora Sepuluh Nopember, Tambaksari Surabaya, Kamis (17/6) malam. Aksi itu mereka lakukan jelang peringatan hari ulang tahun klub kebanggaannya yang ke-94.

Berdasarkan pantauan redaksi di lokasi, ribuan Bonek itu berkerumun dan memaksa masuk ke stadion. Namun, mereka diadang ratusan personel kepolisian yang berjaga.
“Ijo ijo, ijo ijo! Buka buka, buka buka!” sorak ribuan Bonek ke arah polisi.

Mereka juga terlihat menyulut petasan dan flare, sembari melantunkan yel-yel khas Bonek Mania yang biasa dinyanyikan saat Skuad Bajol Ijo bertanding.

Sementara itu, sejumlah aparat kepolisian juga menyiagakan kendaraan taktikal seperti water cannon untuk melakukan pengamanan serta menghalau gelombang datangnya Bonek.
Tampak pula, aparat anti huru-hara berseragam lengkap bersiaga di garda depan berhadapan langsung dengan para Bonek Mania.

“Kawan-kawan mari saling menjaga jarak. Saya juga Bonek Mania. Untuk kawan-kawan mohon merayakan di rumah saja untuk memutus pandemi covid-19. Salam satu nyali wani,” kata salah satu aparat kepolisian melalui pengeras suara.

Salah satu satu pentolan dan koordinator Bonek, Heri Agus Supriyanto atau yang akrab disapa Agus Bimbim Tessy mengaku tak tahu menahu perihal aksi konvoi Bonek menyambut ulang tahun Persebaya tersebut.

“Aku nggak paham kalau Bonek datang ke Tambaksari,” kata Tessy, saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com.

Ia mengatakan tak ada koordinasi apapun kepada para Bonek itu untuk melakukan aksi tersebut. Menurutnya hal itu adalah inisiatif pribadi mereka.

Tessy mengaku tak habis pikir mengapa Bonek tetap melakukan aksi konvoi dan turun ke jalan, padahal situasi pandemi belumusai.

“Enggak ada koordinasi, enggak ada yang nyuruh, mungkin dari pikirannya sendiri-sendiri aja yang datang ke sana, nggak ada yang nyuruh,” ucapnya.**(cnn/ris)