Buaya Putih Apakah Jelmaan Siluman?

143 dibaca

“Buaya putih selalu diidentikan dengan siluman. Mitos itu sudah mendarah daging di benak masyarakat Indonesia. Benarkah buaya putih itu jelmaan siluman? Atau hanya mitos belaka.”

PERNAKAH Anda mendengar mitos buaya putih yang dianggap siluman atau jemaan makhluk halus. Kisah banya beredar bahkan sering diangkat ke film. Namun tahukah kamu, kalau buaya putih itu benar ada bahkan dipelihara di sebuah penangkaran.

Buaya putih sebenarnya bukan istilah tepat dalam menggambarkan makhluk yang akan kita bahas. Lebih tepatnya, hewan itu adalah alligator albino. Meski sekilas terlihat sama, namun dalam hal morfologi secara detail, buaya berbeda dengan alligator.

Mulut alligator terlihat sangat rapat dan berbeda dengan buaya yang terlihat selalu menganga. Buaya memiliki memiliki mulut yang memanjang dan cenderung membentuk huruf ”V” sedangkan mulut alligator lebih pendek dan tidak lancip. Alligator banyak ditemukan pada perairan seperti sungai dan danau di Amerika Serikat dan China.

Seperti dilansir di laman Hitekno.com bahwa kabar gembira datang dari sebuah penangkaran bernama Wild Florida, yang beralamatkan di Kenansville, Florida, Amerika Serikat.

Para ilmuwan sekaligus ahli hewan di Wild Florida diketahui memelihara dua alligator albino bernama Snowflake (betina, 25 tahun) dan Blizzard (jantan, 14 tahun).

Pada awal Juni 2019, peneliti memperhatikan terdapat sesuatu yang janggal dengan perilaku Snowflake. Ia tampak membangun sarang dan bertindak agresif melindungi sarangnya. Setelah mengalihkan perhatian Snowflake, peneliti menemukan 19 telur di dalam sarang.

“Induk buaya termasuk salah satu dari beberapa induk hewan terbaik di dunia, tetapi sayangnya Snowflake buta karena albinisme-nya,” kata Dan Munns, pemilik Wild Florida.

Dikutip dari IFLScience, alligator albino adalah hewan langka sehingga butuh perhatian dan perlakuan khusus dalam merawatnya.

Peneliti memilih memindahkan belasan telur alligator albino karena mereka bisa dimakan oleh semut atau rakun. Telur alligator biasanya menetas dalam 60 hari dalam inkubasi sehingga kita bisa melihat alligator albino baru pada akhir Juli atau Agustus 2019. Hanya ada 20 alligator albino di dunia yang ada di penangkaran.
**(zubairi indro)