Jelang Ramadan, SMP PGRI 1 Buduran Santuni Warga

274 dibaca

SIDOARJO–POSMONEWS.COM,- Menjelang bulan suci Ramadan 1442 H, Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Indrajayanti Ratnaningsih, S.Si, M.Pd menyerahkan bantuan kepada warga masyarakat di sekitar sekolah. Mereka adalah sebanyak 17 orang pedagang yang biasanya berjualan di depan sekolah pada masa normal. Namun, karena pada masa pandemi Covid-19, mereka tidak bisa berjualan lagi.

“Kami merasa perlu, bahkan harus berbagi dengan warga masyarakat di sekitar lingkungan sekolah. Akibat pandemi Covid-19, banyak di antara mereka yang tidak mendapatkan penghasilan. Hubungan kami sudah terjalin lama. Semoga bantuan ini bisa manfaat dan barokah,”kata Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Indrajayanti Ratnaningsih, S.Si, M.Pd di kantornya, Sabtu (10/4/2021).

Menurutnya, santunan berupa uang tunai tersebut merupakan kali yang ketiga selama masa pandemi Covid-19. Diharapkan bisa membantu para pedagang yang sudah lebih dari satu tahun tidak bisa berjualan di depan sekolah.

“Insya Allah PTM (pembelajaran tatap muka) akan dilaksanakan pada bulan Juli 2021. Namun demikian, kami masih menunggu petunjuk dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo. Semoga kita semua diberi kesehatan dan umur panjang yang barokah. Jelang Ramadhan ini, kami juga mohon maaf kepada masyarakat,”ujarnya.

Salah seorang penerima bantuan, Luluk Ichdarwati (50) yang dulu biasanya berjualan bakso mengatakan, sangat bangga dengan SMP PGRI 1 Buduran.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Kepala SMP PGRI 1 Buduran beserta Bapak dan Ibu guru di sini. Pihak sekolah sudah peduli dengan rakyat kecil. Semoga sekolah ini bisa jaya selalu,” katanya.

Sementara itu, direncanakan, kegiatan Jum’at Berkah SMP PGRI 1 Buduran yang biasanya dilaksanakan dengan membagikan nasi bungkus dan minuman gratis kepada warga masyarakat, pada bulan Ramadan diubah caranya. Yakni dengan memberikan takjil buka puasa kepada warga masyarakat melalui para takmir masjid dan mushala di sekitar sekolah.

SMP PGRI 1 Buduran juga mengadakan kegiatan Pondok Ramadan untuk peserta didik yang muslim dari kelas VII dan kelas VIII. Dilaksanakan secara luring dengan protokol kesehatan yang ketat. Dijadwalkan tanggal 17 April sampai dengan 5 Mei 2021.

Diatur dengan sesi-sesi:
pertemuan I pukul 07.30 – 09.30 WIB, dan pertemuan II pukul 10.00 – 12.00 WIB. Khusus untuk hari Jum’at dilaksanakan pertemuan I pukul 07.00 – 08.30 WIB, dan pertemuan II pukul 09.00 – 10.30 WIB. Selama bulan Ramadhan, masing-masing kelas mendapatkan kesempatan 2 kali pertemuan.**

• (Koesmoko, Humas SMP PGRI 1 Buduran)