Giliran KPK Datangi Rumah Mantan Bupati Gresik

214 dibaca

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi rumah mantan Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto di Surabaya. Namun petugas KPK gagal menemuinya.

Rumah Sambari yang didatangi KPK berada di Perumahan Mulia Residence kawasan Kalikepiting, Tambaksari, Surabaya. Petugas KPK hanya ditemui oleh satu anak Sambari saja.

Angga, penjaga rumah Sambari membenarkan ada dua petugas KPK yang mendatangi rumah majikannya itu. Mereka datang pukul 10.00 WIB hingga 11.00 WIB.

“Iya KPK. Ada dua orang. Datang pukul 10.00 WIB sampai 11.00 WIB pagi tadi pakai mobil Innova hitam,” tutur Angga kepada wartawan, Kamis (8/4/21).

Menurut Angga, dua orang petugas itu hanya ditemui oleh salah satu anak Sambari. Hal itu karena Sambari saat ini tengah menjalani pemulihan setelah kena COVID-19 dan stroke.

“Ditemuin putranya sudah gitu saja. Dengan melihat kondisi bapak seperti itu ndak mungkin ngomong sama nulis juga gak bisa. Ya karena pasca (kena) COVID, stroke,” terangnya.

Ditanya terkait kasus apa yang membuat KPK datang? Angga mengaku tak mengetahuinya. Ia juga tak tahu apa yang diperbincangkan antara petugas KPK dengan anak Sambari.

“Kurang tahu kasus apa. Saya kurang tahu karena saya di luar tadi. Gak bawa apa-apa. Cuma ditemui anaknya terus pergi,” ujar Angga.

Ditambahkan Angga, Sambari tinggal di Surabaya sudah sekitar 2 bulan. Itu dilakukan karena sedang menjalani pemulihan setelah terpapar COVID-19 dan stroke.

Kegiatan ini diduga lanjutan penyelidikan dugaan kasus korupsi di salah satu perusahaan pelat merah di Kota Pudak, yakni Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Tirta.

Terkait keberadaan Sambari, Angga menyampaikan kalau tuan rumahnya itu berada di rumah. Namun dia tidak bisa menemui penyidik KPK lantaran kondisinya yang sedang sakit.

Sementara itu, KPK telah membenarkan sedang membuka penyelidikan baru kasus dugaan tindak pidana korupsi di wilayah Jatim.

“Berdasarkan informasi yang kami terima, benar beberapa hari ini ada kegiatan KPK berupa permintaan keterangan sejumlah pihak oleh penyelidik KPK di wilayah Jawa Timur,” kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (8/4/21).

Hal tersebut dikatakannya saat dikonfirmasi perihal kegiatan penggeledahan oleh tim KPK di Kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Tirta Kabupaten Gresik, Rabu (7/4/21).
(ant/ris)