Kiat Babinsa Giatkan Komsos di PPKM Mikro

127 dibaca

LAMONGAN-POSMONEWS.COM: Perintah Dandim 0812/ Lamongan pada seluruh jajarannya di wilayah teritorial hingga di tingkat Kecamatan untuk mendukung keberhasilan PPKM skala Mikro diterjemahkan dengan makin giatnya para Babinsa melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) di desa-desa binaannya.

Peran inilah yang disambut dengan baik oleh warga, karena kehadiran Babinsa yang merupakan ujung tombak satuan dalam menjalin silaturahmi dan bersinergi dengan aparatur daerah di setiap wilayah binaanya menunjukan kemanunggalan TNI dan rakyat.

Seperti halnya yang dilakukan Babinsa Talunrejo, Serda Subeqi dari Koramil 0812/07 Bluluk yang kini gentur dalam melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) di pelaksaanaan PPKM sekala Mikro. Ia pun menggandeng Kepala Desa Talunrejo dan petugas Puskesmas di Kantor Desa Talunrejo, Kecamatan Bluluk, Kabupaten Lamongan untuk menggelar kegiatan Komsos ini, Rabu (10/03/2021) kemaren.

Dari pantauan posmonews.com, selain untuk menjalin silaturahmi dan bersinergi dengan aparatur Pemerintah Desa, Babinsa harus mampu menguasai wilayah binaannya.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari Pembinaan Teritorial (Binter), guna menciptakan kebersamaan dengan Pemerintah Desa, karena memang tugas Babinsa harus bersinergi dengan Pemerintah Desa yang menjadi tanggung jawabnya,” kata Serda Subeqi.

Di kesempatan yang sama Kepala Desa Talunrejo menambahkan bahwa Komsos ini bisa menjadi sarana kerjasama di berbagai persoalan warga. Bukan hanya masalah keamanan dan pembangunan saja tetapi juga hal lain yang membuat kemajuan di desa.

“Dengan kegiatan Komsos ini tentunya komunikasi Aparat dengan Pemerintah Desa juga warga dapat terjalin dengan baik, sehingga berbagai informasi dapat terdeteksi secara dini dan cegah dini untuk menyelesaikannya seperti dalam pelaksanaan PPKM sekala mikro,” ungkapnya.

Sedangkan di tempat terpisah, PJ Danramil 0812/17 Bluluk, Letda Inf Sugeng menyampaikan pentingnya komsos sebagai sarana sinergi antara TNI dan warga desa.

“Dalam setiap apel pihaknya akan selalu mengingatkan kepada seluruh Babinsa, yang mana serangkaian tugas utamanya di wilayah binaan menjadi tanggung jawabnya, salah satunya adalah Babinsa harus selalu bersinergi dengan Pemerintah Desa yang menjadi tanggungannya. Di samping itu untuk menjalin Silaturrahmi, serta juga memantapkan Sinergitas TNI dengan Pemerintah Desa,” tutur Danramil.
*DANAR SP*