Jangan Kebiasaan Mengucir Rambut Ekor Kuda

296 dibaca

Sebagian besar wanita suka mengucir rambut bak ekor kuda karena paling praktis dan tidak gerah. Wanita bisa melakukan ini ketika santai di rumah, bekerja, olahraga atau aktivitas harian lainnya.

Selain praktis, kucir rambut ala ekor kuda ini memang membuat seorang wanita terlihat lebih rapi dan cantik. Sayangnya, kebiasaan mengucir rambut bak ekor kuda bukan suatu kebiasaan baik.

Seperti dilansir Suara.com dan Bright Side, beberapa efek samping dari terlalu sering mengucir rambut pada kesehatan tubuh.

1. Migrain

Kucir rambut bak ekor kuda bisa menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala ini jenis allodynia, yang berarti hal normal menyebabkan rasa sakit.

Rupanya, mengucir rambut dengan gaya ekor kuda ini bisa membuat rasa sakit pada folikel rambut. Karena, ada saraf di bawah folikel rambut yang bisa dipicu oleh kuciran terlalu kencang sehingga bisa menyebabkan rasa nyeri.

2. Sakit Kulit Kepala

Sama halnya dengan sakit kepala, kucir rambut bak ekor kuda bisa membuat kulit kepala seperti tertarik dan perih. Rasa sakit ini berasal dari kulit dan area perifollicular di kulit kepala Anda.
Jadi ujung saraf yang menempel pada setiap rambut benar-benar terpengaruh ketika Anda mengucir rambut. Anda mungkin juga akan merasakan nyeri tepat setelah Anda melonggarkan rambut.

3. Sakit Punggung

Kulit kepala Anda mungkin mengalami stres, terutama jika Anda memiliki rambut tebal dan dikucir. Rasa sakit yang muncul pada kulit kepala ini bisa menyebar ke leher dan punggung Anda.

Karena, menata rambut seperti ini mengaktifkan lebih banyak saraf sensorik dengan memaksa semua rambut itu berdiri. Apalagi, Anda menggunakan ikat rambut yang kecil.

4. Kulit Meregang

Mengucir rambut bak ekor kuda yang terlalu kencang juga tidak baik untuk kulit karena bisa kehilangan elastisitasnya.
Keseringan mengucir rambut seperti ini akan membuat Anda terlihat lebih cepat tua. Jika Anda tetap ingin mengucir rambut, cobalah jangan mengikatnya terlalu kencang.

5. Rambut Mudah Patah

Rambut akan semakin rapuh jika terlalu sering dikucir. Karena, kuciran yang terlalu kencang atau kuat bisa menyebabkan rambut putus, terlebih jika Anda tetap mengucirnya saat tidur.(zi)