Arkeolog Berburu Makam Cleopatra

214 dibaca

Sejumlah tim arkeolog telah mencari makam Ratu Cleopatra yang hilang dalam kurun waktu yang lama. Mereka mencari di situs arkeologi di Istana Abusir di kota Firaun Tabores. Di sanalah kemudian arkeolog menemukan mumi berusia 2.000 tahun dengan lidah emas.

Tim arkeolog internasional, dilansir dari laman Arabic Post, menemukan 16 makam kuno yang penuh dengan peninggalan yang tak ternilai, di sebuah area yang luas di sebelah barat Aleksandria. Namun para ahli belum menemukan penjelasan tentang mumi yang memiliki lidah emas itu.

Seperti dilansir REPUBLIKA.CO.ID
meski begitu, satu teori mengatakan lidah emas itu diyakini membuat orang mati punya kemampuan untuk berbicara di akhirat. Para ilmuwan percaya bahwa mumi itu menderita gangguan bicara selama hidupnya.

Setelah kematiannya, lidahnya dikeluarkan selama mumifikasi, dan diganti dengan emas sehingga dapat berbicara dengan “Osiris”, dewa kematian di akhirat.

Menurut perkiraan para arkeolog, mumi dengan lidah emas itu hidup di era Ptolemeus antara 340 sebelum Masehi (SM) dan 30 SM, atau era Kekaisaran Romawi, yang mengambil alih kekuasaan Mesir setelah kematian Ratu Cleopatra pada 30 SM.

Selain makam dengan mumi berlidah emas, para arkeolog juga mendapat temuan menarik di 15 makam lainnya. Misalnya, ditemukan mumi yang mengenakan mahkota Atef, mahkota dewa Osiris, yang dihiasi dengan tanduk dan bertuliskan ular kobra di bagian dahi. Mumi tersebut memakai liontin bertuliskan kepala elang.

Mumi lain yang terkubur ditemukan mengenakan topeng kematian penguburan, serta delapan topeng marmer yang berasal dari era Yunani dan Romawi.

Sementara dua mumi ditemukan terkubur dalam gulungan. Para ahli sejauh ini masih mencoba menguraikannya.

Selain itu, para peneliti juga menemukan apa yang tampak seperti patung yang mewujudkan orang yang dikuburkan di sana, tetapi para ahli masih bertanya-tanya siapa mumi-mumi ini, bagaimana dan kapan mereka meninggal secara spesifik.

Selain penemuan baru ini, arkeolog Kathleen Martinez, yang telah melakukan penggalian barang antik Mesir kuno sejak 2002, telah menemukan lebih dari 27 makam. Dia yakin Ratu Cleopatra dimakamkan di kuil dewi Isis di kawasan Istana Abusir. Kawasan Istana Abusir dulunya merupakan pusat pemujaan penting bagi dewa Osiris dan dewi Isis.(zi)