Lokasi Makam Muslim Jenazah COVID-19 Penuh

170 dibaca

Lokasi makam untuk jenazah pasien COVID-19 yang beragama Islam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, telah penuh dengan 4.500 liang sudah terisi.

Kepala Satuan Pelaksana TPU Tegal Alur Wawin Wahyudi membenarkan hal tersebut, namun juga menjelaskan pemakaman di unit muslim masih bisa dilakukan secara tumpang.

“Tegal Alur masih menerima pemakaman di unit non muslim, di unit muslim bisa dengan sistem tumpang. Sekitar 4.500 petak makam,” ujar Wawin di Jakarta, Selasa (12/1/21).

Sementara itu, lokasi makam baru untuk jenazah pasien COVID-19 muslim akan dialihkan ke kawasan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, kata Wawin. Akhir-akhir ini, pihaknya menggali sebanyak rata-rata 40-50 lubang makam per harinya.

Sebelumnya, krisis lahan pemakaman di Jakarta membuat pengelola TPU menerapkan sistem pemakaman tumpang. Misalnya di TPU Pondok Ranggon yang dilakukan sejak Desember 2020. Hal tersebut dilakukan demi mengirit lahan pemakaman yang ada.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kini mengupayakan pembukaan lahan pemakaman baru di TPU Rorotan, Jakarta Utara, yang segera digunakan dalam waktu dekat. Di tahap pertama disediakan sekitar 1.500 petak makam.(ant/alam)