Beranda Herbal Pengusir Wasir dan Bikin Awet Muda

Pengusir Wasir dan Bikin Awet Muda

37 views

• Manfaat Daun Bidara Arab Bagi Kesehatan (1)

Benarkah tanaman bidara mempunyai banyak manfaatnya buat kesehatan? Taukah Anda tetang pohon bidara Arab? Ada yang bilang tanaman bidara sebagai pengusir jin? Mengapa disebut bidara Arab?




Apakah Anda sudah tahu manfaat daun bidara? Mungkin tidak semua orang familier dengan daun yang satu ini. Tapi di desa-desa banyak sekali tanaman bidara. Lantas apa bedanya dengan bidara Arab?

Pohon bidara Arab sekarang ini banyak ditanam masyarakat. Tanaman ini menghiasi halaman warga karena mereka tahu kalau daun bidara Arab mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Selama ini daun bidara yang dikenal bermanfaat untuk kesehatan ini tumbuh di tempat kering. Karakteristik dari pohonnya adalah banyaknya cabang serta kayunya memiliki duri. Daun bidara sendiri berwarna hijau dan memiliki bentuk elips.

Siapa sangka ternyata daun yang buahnya bisa dimakan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan?
Tertarik untuk melihat apa saja manfaatnya? Langsung saja disimak ulasannya.

1. Melancarkan Haid

Bagi kaum hawa sangat diuntungkan oleh manfaat daun bidara. Pasalnya, daun disebut ini bisa melancarkan haid karena mampu menyeimbangkan hormon yang bisa membuat siklus haid menjadi tidak teratur. Untuk merasakan khasiat daun bidara, kamu cukup meminum ekstrak daun.

Selain mengonsumsi ekstraknya, cara mengolah daun bidara untuk melancarkan haid ini bisa kamu ikuti:

Potong-potong daun bidara dan cuci hingga bersih. Rebus daun bidara dengan air matang. Saring sisa daun lalu minum air rebusannya.

2. Menjaga Keaantikan

Manfaat pohon bidara Arab tidak hanya berhenti sampai di situ bagi kaum hawa. Penggunaan masker daun bidara secara teratur sangat berkhasiat untuk membuat kulit tetap cantik, bikin awet muda dan sehat.

Daun bidara mampu meremajakan kulit dan melindungi dari sinar UV. Masih ragu untuk mencoba manfaat daun bidara Arab?

3. Menyembuhkan Wasir

Penyakit wasir memang bukanlah penyakit mematikan, namun bukan berarti penyakit ini tidak menyiksa penderitanya. Untuk mengatasi masalah wasir, cukup minum air rebusan dari daun bidara secara rutin setiap hari. Selain itu, aplikasikan juga daun bidara di area anus yang membengkak.

4. Penyembuhan Luka

Manfaat pohon bidara Arab selanjutnya adalah mempercepat penyembuhan luka seperti lecet, tergores, dan luka akibat terjatuh.
Hal ini disebabkan oleh antiinflamasi yang terkandung di dalam daun yang satu ini.

Gunakanlah daun yang sudah kering dan buat menjadi bubuk.
Untuk mengaplikasikannya, cukup campurkan bubuk tersebut dengan sedikit air hingga campuran tersebut berubah menjadi pasta.
Setelah itu, oleskan pada bagian yang terluka.

5. Menghilangkan Jerawat

Untuk mengatasi jerawat, kamu harus membuat masker dari daun bidara. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu ikuti:

Ambil beberapa lembar daun bidara. Tumbuk hingga halus. Tambah sedikit air dan campur hingga kental. Oleskan pasta hasil dari campuran tersebut pada wajah yang berjerawat.

Setelah mengikuti langkah di atas, diamkan kira-kira selama 20 menit dan cuci bersih menggunakan sabun. Untuk hasil terbaik, lakukan hal ini selama 2 bulan, sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.

6. Mengatasi Gangguan Tidur

Untuk bisa produktif selama seharian, salah satu hal yang dibutuhkan adalah tidur yang cukup. Namun, terkadang ada saja gangguan tidur yang menyebabkan kualitas tidur menjadi tidak maksimal.
Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengonsumsi teh daun bidara. Efek menenangkan yang dihasilkannya disebut bisa mengatasi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur.

7. Kesehatan Rambut

Gunakan air rebusan daun bidara sebagai hair tonic untuk merawat rambutmu. Khasiat dari air rebusan ini disebut dapat mencegah rambut dari kerontokan dan kerusakan. Setelah mengaplikasikan cara ini secara teratur, dijamin deh kamu akan tampil lebih percaya diri.

8. Mencegah Kanker dan Tumor

Belum banyak yang tahu jika daun bidara Arab dapat membunuh sel-sel kanker. Kandungan di dalamnya ternyata dipercaya dapat menangkal pertumbuhan sel kanker berbahaya yang berisiko tumor. Sudah tertarik untuk mencoba manfaat bidara Arab ini?

9. Mengatasi Penyakit Diabetes

Bila dibiarkan begitu saja, diabetes bisa menjadi penyakit yang berbahaya. Untungnya, penyakit ini ternyata dapat diatasi dengan mengonsumi teh daun bidara.

Teh daun bidara sangat ampun mengatasi diabetes karena dapat menstabilkan kadar gula dalam darah dan mengatur sistem perlindungan terhadap produksi insulin.

10. Meringankan Depresi

Daun bidara Arab ternyata memiliki khasiat untuk meringankan depresi karena kandungannya dapat memberikan sensasi dingin dan nyaman pada tubuh. Sama seperti penjelasan sebelumnya, kamu dapat mendapatkan khasiatnya dengan cara menyeduhnya seperti teh.
(nt/zi)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here