Jadi Obat Penenang Anti Depresi

147 dibaca

• Manfaat dan Efek Samping Daun Johar (3)

Ekstrak daun dan bunga dari johar dapat mengatasi berbagai gangguan kecemasan, kegelisahan, depresi, serta insomnia.

Bunga dan daun dari tanaman ini mampu meningkatkan kualitas tidur, memperpanjang waktu tidur, mengurangi rasa stress, dan memberikan rasa tenang.

Mengatasi Wasir dan Sembelit

Kandungan barakol pada daun dan antrakuinon pada bunga dari johar memiliki efek pencahar sehingga meningkatkan sekresi klorida pada usus halus dan usus besar dan meningkatkan volume serta frekuensi dari buang air.

Ini berarti daun, kulit batang, serta akar dari johar dapat digunakan sebagai obat pencahar untuk mengatasi sembelit atau wasir serta nyeri saat buang air besar.

Meredakan Nyeri dan Radang

Kandungan senyawa aktif seperti flavonoid dan antrakuinon pada daun dan kulit batang dari johar berperan aktif dalam mengurangi penumpukan cairan pada tubuh dan sebagai analgesik.

Ini sangat bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan pada radang dan meredakan nyeri dari radang seperti radang tenggorokan dan radang sendi.

Selain itu, daun serta kulit batang juga bermanfaat untuk meredakan berbagai nyeri seperti nyeri punggung, sakit kepala, nyeri gigi, dan nyeri perut.

Melindungi Gigitan Nyamuk

Ekstrak daun dari johar dapat membunuh berbagai nyamuk dengan spesies culex quinquefasciatus yang dapat menyebarkan berbagai penyakit. Ini sangat bermanfaat untuk mencegah tubuh dari terkena berbagai parasit yang dibawa oleh nyamuk tersebut.

Anti Bakteri dan Jamur

Ekstrak daun dari johar dapat mengatasi berbagai bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan berbagai infeksi dan keracunan makanan pada tubuh. Beberapa bakteri dan jamur yang dapat dilawan adalah E. coli, Salmonella typhi, Shigella disenteriae, serta jamur Aspergillus niger.

Selain daun, kulit batang dari johar juga dapat melawan berbagai jamur yang menyebabkan infeksi seperti Trichophyton mentagrophyte, Rhizoctonia solani, dan Candida lipolytica.

Beberapa infeksi bakteri dan jamur yang dapat disembuhkan dengan tanaman ini adalah disentri, mual, muntah, diare, infeksi usus, dan penyakit tipus.(zi)