Daun Jelatang Redakan Demam

154 dibaca

Musim pancaroba masyarakat harus berhati-hati dan menjaga kesehatan.Penyakit demam tidak boleh dianggap enteng, terutama masyarakat yang mempunyai anak kecil.

Demam salah satu kondisi yang kerap dialami orang akhir-akhir ini karena perubahan cuaca ekstrim. Biasanya orang mengatasi demam dengan mengompres atau mengonsumsi obat-obatan.

Goran Pavlovic, asal Inggris membuktikan bahwa tanaman herbal bisa membantu mengatasi demam. Tumbuhan atau tanaman “nettle” atau dalam bahasa Indonesia disebut “jelatang” ini disebut-sebut dapat menurunkan demam.

Daun jelatang sendiri kerap dihindari karena diyakini membuat kulit gatal dan kemerahan ketika kulit tersentuh daun tersebut. Namun setelah diolah, tanaman obat ini bisa mendatangkan manfaat kesehatan, termasuk menurunkan demam.

“Sepanjang hidupku aku menderita demam. Aku hampir mati setiap musim panas. Lalu, beberapa tahun lalu, seorang lelaki tua menyuruh saya mencoba jelatang,” ujar Goran dalam akun Facebooknya, seperti dilansir dari Mirror.

Goran mengatakan bahwa ia mencoba memaparkan daun jelatang ini ke tubuhnya. Mesti terasa gatal dan membuat kulitnya kemerahan, Goran meyakini bahwa hal ini membuat kekebalan tubuhnya meningkat.

“Saya lakukan hal ini seminggu sekali sampai akhir musim gugur. Rupanya ini akan membuat sistem kekebalan tubuh saya berkonsentrasi pada jelatang dan melupakan demam,” paparnya.

Meski demikian, Goran tak membujuk semua orang untuk mengikuti tipsnya ini. Ia hanya ingin membuktikan bahwa pada dirinya tips ini ampuh menghalau gejala demam dan influenza yang dialaminya pada musim-musim tertentu.

Jelatang yang menimbulkan reaksi gatal dapat mengurangi jumlah histamin dalam tubuh yang dipicu oleh alergi. Namun tentu saja perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan teori ini.(**)