Terapi Pengobatan Tanaman Echinacea

143 dibaca

Echinacea merupakan tanaman yang umum digunakan sebagai terapi pengobatan. Tanaman asli Amerika Utara ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.
Mengutip Healthline, tanaman echinacea tumbuh di area padang rumput atau sekitar pepohonan. Tiga dari sembilan spesies echinacea dimanfaatkan sebagai suplemen herbal. Bagian atas tanaman hingga akar diolah menjadi tablet, larutan obat, ekstrak, dan teh.
Di dunia kesehatan, echinacea dikenal dengan khasiatnya untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Imun yang kuat membuat tubuh tahan terhadap ancaman infeksi dan penyakit.
Selain menguatkan sistem kekebalan tubuh, berikut manfaat echinacea lainnya untuk kesehatan, mengutip berbagai sumber.

1. Menurunkan Kadar Gula Darah
Gula darah yang tinggi bisa meningkatkan risiko diabetes. Sebuah studi menunjukkan, echinacea bisa membantu menurunkan kadar gula darah.
Ekstrak Echinacea purpurea menunjukkan aktivitas enzim yang mencerna karbohidrat. Hal ini bisa menurunkan volume gula yang masuk ke dalam darah.
Kendati demikian, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaatnya pada manusia.

2. Kurangi Rasa Sakit
Sejak zaman dahulu, echinacea sudah dikenal sebagai obat herbal di kalangan suku Indian. Mereka memanfaatkan echinacea sebagai penghilang rasa sakit atau painkiller.
Echinacea sebagai painkiller alami biasa diberikan untuk mereka yang mengalami sakit perut, sakit kepala, rasa sakit akibat herpes, gonorea, gigitan ular, radang tenggorokan, sakit perut, hingga sakit gigi.
Echinacea biasa dikonsumsi dalam bentuk teh herbal atau dalam bentuk pasta yang diaplikasikan langsung pada bagian tubuh yang sakit.

3. Laksatif
Mengutip dari laman Dr.Axe, echinacea bisa dimanfaatkan sebagai laksatif atau pelancar pencernaan. Echinacea bisa mengatasi konstipasi dan memberikan efek menenangkan di perut.
Anda dapat minum teh echinacea untuk meredakan konstipasi. Untuk kondisi yang lebih kronis, disarankan untuk minum satu cangkir teh echinacea setiap hari demi pencernaan yang lebih sehat.

4. Kurangi Rasa Cemas
Rasa cemas umum dialami banyak orang. Namun, sebagian orang mengalami cemas yang berujung pada terganggunya aktivitas sehari-hari. Echinacea disebut memiliki potensi untuk membantu mengurangi rasa cemas.
Riset menunjukkan, echinacea mengandung senyawa yang dapat mengurangi rasa cemas seperti alkamida, rosmarinic acid, dan caffeic acid. Studi menunjukkan, ekstrak Echinacea angustifolia dapat menurunkan level kecemasan.

5. Bantu Atasi Masalah Kulit
Echinacea dapat membantu Anda mengatasi masalah kulit. Dalam sebuah uji tabung reaksi, peneliti menemukan komponen antiinflamasi dan antibakteri pada echinacea. Keduanya diketahui bisa menekan pertumbuhan Propiobacterium atau bakteri penyebab jerawat.
Ekstrak Echinacea purpurea juga bisa meredakan eksim dengan membantu memperbaiki kulit dan melindungi lapisan luarnya. Namun sayang, echinacea tidak bisa disimpan dalam waktu lama sehingga sulit untuk dimanfaatkan sebagai produk perawatan kulit.

6. Lawan Kanker
Kanker masih jadi penyakit yang menakutkan. Kabar baiknya, dalam uji tabung reaksi, ekstrak echinacea ditemukan mampu menekan pertumbuhan sel kanker.
Studi uji tabung reaksi lain menemukan ekstrak echinacea mampu membunuh sel kanker dari pankreas dan usus besar dengan menstimulasi proses apoptosis atau kematian sel terkontrol. Akan tetapi, riset masih perlu dilanjutkan dengan uji pada manusia.

7. Antiinflamasi
Peradangan atau inflamasi adalah akar permasalahan banyak penyakit. Faktornya beragam seperti stres, asupan makanan, dan kurang tidur. Namun, konsumsi rutin echinacea bisa meredakan aneka peradangan.
Studi 30 hari pada orang dewasa dengan osteoarthritis menemukan, konsumsi suplemen yang mengandung ekstrak echinacea bisa menurunkan inflamasi, rasa sakit, dan bengkak. Studi lain juga menyebut, teh echinacea bisa meningkatkan kondisi mereka yang mengalami rheumatoid arthritis.(CNN)