Kurangi Maag, Konsumsi Kunyit

245 dibaca

Sakit maag seringkali menjadi penghalang bagi para penderitanya untuk berpuasaRamadan maupun puasa senin-kamis. Sebab, perut kosong merupakan mimpi buruk bagi penderita maag, karena akan menyebabkan nyeri dan sakit pada lambung. Bagaimana solusinya?
Lalu apa solusinya bagi penderita maag? Maka, perlu mengatur pola makan agar maag tidak kambuh saat berpuasa, termasuk menghindari makanan terlarang saat berpuasa. Sebelum mulai berpuasa, sebaiknya para penderita maag memeriksakan kondisi penyakitnya tersebut ke dokter. Tujuannya, agar si penderita tahu bahwa dia bisa menjalankan puasa atau tidak.
Bagi yang diperbolehkan berpuasa, ada beberapa asupan yang harus dihindari saat sahur atau berbuka. Berikut ini makanan terlarang saat berpuasa, khususnya untuk penderita maag:
1. Hindari kopi atau minuman bersoda.
2. Hindari mengonsumsi makanan yang bersifat merangsang atau memicu pengeluaran asam lambung. Contoh, makanan yang asam dan pedas.
3. Hindari makanan yang menimbulkan gas dalam lambung, seperti kol dan sawi.
4. Kurangi atau bahkan hindari penggunaan bahan tambahan atau bumbu-bumbu yang merangsang, seperti lada, cabai, cuka, dan asam.
5. Konsultasikan dengan dokter, apabila di perlukan untuk mengkonsumsi obat yang dapat mengendalikan kadar asam yang berlebih pada lambung.
Lantas bagaimana tipsnya, atau asupan apa saja yang mampu menangkal kambuhnya maag saat berpuasa? Tidak perlu panik berikut ini adalah obat untuk mengurangi maag yaitu dengan mengonsumsi kunyit. Seperti dikutip dari vemale.com

Bahan:
2 jari kunyit
3 gelas air
Madu secukupnya

Cara Membuat:
Cuci hingga bersih kunyit, lalu kupas kulitnya.
Iris tips kunyit, sisihkan.
Didihkan air hingga mendidih. Masukkan irisan kunyit.
Diamkan hingga tersisa 1 gelas saja, saring lalu dinginkan.
Tambahkan madu lalu minum 3 kali sehari untuk hasil yang baik. psm