Daun Afrika Bantu Kontrol Gula Darah dan Cegah Sel Kanker

223 dibaca

SIAPA yang tidak tau daun Afrika? Tanaman ini disebut Vernonia Amygdalina berasal dari Afrika, tumbuhan itu dapat ditemukan di berbagai negara dengan iklim tropis, seperti Indonesia. Daun itu mempunyai sejuta khasiat bagi kesehan.

Daun Afrika ini juga sering disebut dengan bitter leaf dikarenakan rasanya yang pahit. Padahal khasiatnya berlipat ganda untuk kesehatan tubuh.

Daun Afrika bagus untuk kesehatan karena kaya akan nutrisi didalamnya antara lain Serat, Protein, Karbohidrat kompleks, Kalium, Kalsium, Magnesium, Fosfor, Selenium, Zat besi, Zinc, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, dan Vitamin E.

Bukan hanya itu saja, daun Afrika ini juga memiliki kandungan antioksidan flavonoid yang cukup tinggi. Berikut ini beberapa manfaat daun Afrika dilansir dari
Sajiansedap.com.

1. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat daun Afrika pertama adalah mampu membantu mengontrol tekanan darah seseorang. Hal ini karena daun Afrika memiliki kandungan antioksidan dan mineral kalium yang cukup tinggi.

Kedua, kandungan tersebut diketahui berperan dalam menurunkan dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat daun Afrika, kedua yaitu mampu membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Daun Afrika bermanfaat menurunkan kadar glukosa dalam darah dan juga bisa membantu menjaga kadar glukosa tetap stabil.

Daun Afrika dikatakan bisa memelihara fungsi pankreas dalam menghasilkan insulin, selain itu juga menjaga kinerja hormon tersebut tetap efektif. Sehingga efek-efek itu menjadikan daun Afrika sangat baik dalam mencegah terjadinya resistensi insulin. Daun ini juga baik dalam mencegah seseorang terkena penyakit diabetes tipe 2.

3. Hambat Pertumbuhan Kanker

Ekstrak daun Afrika mampu membasmi serta menghambat pertumbuhan sel kanker. Mulai dari kanker paru-paru, kanker payudara, kanker darah bahkan hingga kanker prostat.

Daun Afrika disebut juga mampu meningkatkan efektivitas kemoterapi dalam pengobatan penyakit kanker. Namun sebelum mengonsumsi apapun anda wajib berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

4. Menjaga Kesehatan Hati dan Otak

Tanaman ini diklaim mampu memelihara kesehatan serta fungsi organ hati, hal ini diduga berkat adanya kandungan antioksidan serta anti radang yang tinggi dalam daun Afrika.

Selain itu, daun Afrika juga dipercaya mampu menjaga kesehatan saraf dan otak. Bahkan juga dipercaya dapat menjaga fungsi saraf dan otak, daun ini juga dikatakan baik untuk mengatasi peradangan dan mencegah seseorang menderita anemia.

5. Basmi Bakteri Penyebab Penyakit

Manfaat daun Afrika berikutnya adalah membantu membasmi bakteri penyebab penyakit. Daun Afrika ternyata mengandung zat kimia yang mempunyai sifat sebagai anti bakteri dan ekstrak daun Afrika diketahui mampu membunuh pertumbuhan sejumlah jenis kuman.

Manfaat daun Afrika juga mencegah adanya pertumbuhan berbagai macam kuman penyebab infeksi, seperti Staphylococcus aureus, Escherichia coli dan Pseudomonas.

Namun mengonsumsi daun Afrika ini tentu tidak bisa sembarangan, harus melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Karena jika berlebihan akan menimbulkan efek samping berupa gatal-gatal, terjadinya pembengkakan, mual-mual, dan daun ini juga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil.

Efek Samping Daun Afrika

Tidak jauh berbeda dengan obat herbal sejenisnya, daun Afrika juga memiliki efek samping. Namun, efek samping ini akan timbul jika dikonsumsi secara sembarangan atau pada orang tertentu saja. Beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan adalah sebagai berikut.

1. Terjadi Gatal-gatal

Efek samping pertama adalah terjadi gatal-gatal pada seluruh tubuh. Gatal-gatal yang dimaksud disini hampir mirip dengan kondisi kamu alergi makanan laut. Pada dasarnya, efek samping ini tidaklah berbahaya. Hanya saja, sangat mengganggu aktivitas karena rasa gatal.

Reaksi gatal pada tubuh merupakan bentuk sistem kekebalan tubuh karena ada benda asing yang masuk. Alergi sendiri merupakan hal yang wajar dan tidak memiliki dampak negatif yang besar pada tubuh.

2. Adanya Pembengkakan

Pada kondisi tertentu, bisa menyebabkan pembengkakan di bagian tubuh tertentu. Pembengkakan tersebut bisa terjadi pada kaki, tangan, atau bagian tubuh lainnya. Meskipun begitu, ukurannya rata-rata tidak begitu besar.

Tidak jauh berbeda dengan gatal-gatal, pembengkakan bisa terjadi karena efek samping mengonsumsi daun Afrika. Secara umum, pembengkakan ini tidak berbahaya namun cukup mengganggu aktivitas.

3. Terasa Mual-mual

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa daun Afrika memiliki rasa yang cukup pahit. Untuk kamu yang tidak tahan dengan rasa pahit bisa merasakan mual hingga muntah-muntah. Jika kamu sangat ingin mengonsumsi daun Afrika ini, sebaiknya ditambah dengan pemanis seperti gula. Namun, sebaiknya porsi gulanya pun tidak begitu banyak.

4. Kadar Gula Darah Rendah

Pada dasarnya, manfaat daun Afrika ini bisa menurunkan kadar gula darah untuk penderita diabetes. Akan tetapi, hal ini bisa menjadi bumerang pada tubuh kita. Jika dikonsumsi sampai melebihi dosis, maka gula darah akan semakin sedikit. Akibatnya, kita bisa terkena penyakit hipoglikemia. Disinilah kamu harus tahu dosis yang pas ketika mengonsumsi daun Afrika.

5. Tidak Cocok bagi Ibu Hamil

Walaupun belum ada bukti ilmiah, akan tetapi banyak kalangan yang menyarankan untuk tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan juga wanita yang sedang menstruasi. Hal itu berhubungan dengan berbagai efek samping yang telah disebutkan sebelumnya. untuk mencari kepastiannya, bisa konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Demikian beberapa poin penting tentang efek samping daun Afrika yang jarang diketahui.
**(zi/kmp)