Sedekah Donor Darah Makin Membludak

204 dibaca

Masjid Sabilussalam, Nginden Intan, Surabaya, menjadi masjid ketujuh yang menggelar Sedekah Donor Darah. Masjid di kawasan Surabaya Timur ini sementara mencatatkan peserta terbanyak.
Dari 116 peserta donor darah yang hadir sejak pukul 10.00 WIB hingga usai salat Jumat, 48 kantong darah berhasil diambil. Enam masjid yang telah mengadakan sedekah donor darah sebelumnya hanya berhasil mengumpulkan calon pendonor dibawah 100 orang.
Gerakan Sedekah Donor Darah di Masjid ini merupakan kerjasama Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya. Gerakan ini melibatkan 33 masjid untuk memecahkan rekor MURI sebagai donor di masjid secara estafet terbanyak.
Sehari sebelumnya, sedekah donor darah berlangsung di Masjid Muhajirin Pemkot Surabaya. Di masjid ini diikuti 70 pendonor. Namun, dari jumlah tersebut hanya berhasil mendapatkan 35 kantong darah.
Keberhasilan Masjid Sabilussalam menggalang pendonor darah karena kreatifitas takmir masjid. “Di sini, setiap pendonor yang berhasil diambil darahnya kami beri uang Rp 50 ribu,” kata Sentot, Sekretaris Takmir Sabilussalam.
Selain itu, masing-masing pendonor mendapat souvenir dari RSI Surabaya. Juga nasi kotak untuk semua yang daftar menjadi pendonor. Bukan hanya yang berhasil diambil darahnya. Dari PMI, mereka mendapatkan paket makanan seperti biasanya.
Menurut Sentot, kegiatan sedekah donor darah ini juga didukung ibu-ibu jamaah masjid. Bahkan mereka ikut menggalang calon pendonor. “Karena itu, di pagi hari pendonornya banyak ibu-ibu jamaah masjid,” katanya.
Menurut Ketua Panitia Sedekah Donor Darah di 33 Masjid, Mohammad Jamil, pelaksanaan di Masjid Sabilussalam ini memang paling meriah sejak gerakan ini dimulai. “Pada umumnya, kegiatan ini bergairah jika takmirnya bergerak penuh semangat,” katanya.
Pelaksanaan Donor Darah Berbasis Masjid selanjutnya berlangsung pada hari Minggu, 2 Pebruari 2020, di sua tempat. Yakni Masjid Attaqwa, Jl. H.R. Muhammad dan Masjid Al Islam, Jl. Tambak Asri Surabaya.
Puncak kegiatan ini akan digelar Malam Anugerah Masjid yang akan dihadiri Ketua Umum PMI dan DMI Jusuf Kalla. Dalam acara tersebut akan diberikan penghargaan kepada berbagai pihak yang berjasa terhadap masjid. Mulai pengusaha mall, pengembang, dan takmir masjid. (jam)