Perang 10 November 1945 di Surabaya

171 dibaca

Oleh ; Muhammad Dhiyauddin Kushwandhi

Dalam perang 10 nopember, Tentara sekutu inggris tdk hanya melakukan serangan darat dan laut tapi jg dari udaara dg bom.

 

Menghadapi serangann udara dan laut pasti lbh ringan krn di dukung oleh peopel power.Tp menghadapi serangan bom,pasti tdk mungin krn waktu itu kita tdk punya penangkal bom

Tp anehnya sebagian besar bom yg di jatuhkan oleh pilot2 profesional sewaan yg sebelumnya pernah berhasil membumi hanguskan beberapa kota di Eropa dlm PD ll, tdk jatuh di kota surabaya, tapi mlenceng di selat madura bahkan ada yg jauh jatuh di desa katrungan Sidoarjo dan di kuburan di daerah Genggong Probolinggo dlm keadaan busung/ tdk bisa meledak.

Padahal sebagaimana pengakuan salah satu pilot dlm catatan harian yg pernah dimuat di Jawapos beberapa thn lalu,mereka mengebom dari ketinggian dimana kota Surabaya terlihat dg jelas.

Ini semua tak masuk akal,kecuali karena pertolongan Allah yang maha Gagah lagi Perkasa.

Ya memang sesuatu yg tdk mungkin menurut akal tidak mustahil bagi Allah .Inilah keyakinan yg di miliki para ulama pada waktu itu dan di ajarkan kpd para santri dan arek2 surobyo .

Dan untuk mmemohon pertolongan Allah sekaligus dlm rangka memantapkan keyakinan ,menjelang perang beberapa kiyai khos melakukan mujahada dan riyadhoh dipimpin oleh Kiyai Abbas mbuntet cirebon dan beliau mengajarkan doa ulul azmi ;HASBUNALLAH WA NI’MAL WAKIL NI’MAL MAULA WANI’MAL NASHIR untuk di baca bersama para santri beberapa hari sebelum perang.

Sedangkan dari Kiyai2 Ndoro semo surabya di ajarkan kalimat takbir yg bersanad yg bersumber dari leluuhur mereka sayaidina Ali kw yg kemudian di gelorakan oleh Bung tomo seorang santri dan tokoh arek2 suroboyo.

Dan hasilnya dlm peperangan yg dahsyat itu inggris bukan saja KALAH akan ttp bhkan hrs menanggung rasa malu besar krn untuk pertama kalinya selama masa penjajahan kehilangan seorang jendralnya yaitu Malaby yg sangat di banggakan dan diandalkan krn sll menang dlm penaklukan di india.

Sekali lagi ini kemenangan ini tak lain kcl karna pertolongan dari Allah yg benar2 diagungkan dlm perang dahsyat tsb dg gelegar pekiknya :

Allahu Akbar !!!
Allahu Akbar!!!
Allahu Akbar!!!!

Selamat hari pahlawan !!!
Hidup para pahlawan !!!
Jayalah para pahlawan !!!

Mari kita lanjutkan perjuangan !!!