Dihuni Ular Raksana dan Wanita Cantik

169 dibaca

Gunung Geger merupakan gunung yang ada di daerah pagak, Malang, Jawa Timur walau gunung ini hanya berbentuk bukit, tetapi gunung ini menyimpan seribu cerita mistis dan misteri.  Gunung yang berada di patahan antara gunung kunci dan gugusan gunung brambang ini merupakan jalur utama yang menghubungkan antara dua kecamatan.  Yaitu antara kecamatan kepanjen, dan kecamatan pagak. Di gunung ini terdapat jalan buatan belanda jaman dulu, dan gunung ini menyimpan sejarah keras nya kerja paksa pada jaman dulu.

Selain itu tepat di bawah gunung ini terdapat gua gelap gulita, menghadap kearah timur. Menurut kepercayaan masyarakat setempat gua itu di gunakan sebagai tempat harimau untuk bertapa. Dan mengambil mayat-mayat yang menjadi bagian mereka.

Masyarakat sekitar gunung adalah masyarakat Madura. Mereka memercayai bawasannya jika ada orang meninggal (yang meninggal itu adalah orang yang lahir dari perzinahan) akan di ambil harimau dalam jangka satu sampai tujuh hari. Atau bahkan sampai empat puluh harinya.

Banyak masyarakat yang bekerja di daerah pemakaman desa setempat pernah mendengar auman harimau yang sedang menggali kubur dari kejauhan. Mungkin bagi masyarakat sekarang, mistis seperti ini sudah tidak masuk akal. Tetapi banyak orang memercayai dan pernah mengalaminya.

Di Gunung Geger ini,  terdapat kepercayaan bahwa setiap pasangan muda-mudi yang lewat di tempat ini, akan saling marah-marah, merasa tidak cocok, dan kesal. Menurut para warga sekitar, pada 1995-1998 di tempat ini sering terjadi peristiwa aneh. ‘’Walaupun kebenaranya tidak dapat dibuktikan secara langsung, tapi percaya atau tidak kebanyakan mereka (muda-mudi yang berpacaran) kalau lewat sini akan ada saja ketidak cocok-an di antara mereka,’’ kata Junaedi warga asal Madura yang sudah 20n tahun menetap di Gunung Geger.

Yang tidak dipungkuri adalah peristiwa kecelakaan dari tahun ke tahun.  Kecelakaan seperti mobil masuk ke dalam jurang, sepeda motor tiba-tiba  masuk hutan, adalah peristiwa aneh yang sering terjadi. Daerah gunung geger yang terkenal memiliki penunggu gaib yang kuat. Menurut beberapa tokoh dan sesepuh setempat, daerah Gunung Geger memiliki penunggu ular gaib, yang bentuknya sangat besar. Terbentang dari Gunung Brambang di sebelah utara,  sampai di Pucuk Kunci yang di sisi selatan. Pernah di ceritakan oleh seorang sopir truk tebu yang mau berangkat ke Kebon Agung tempat pabrik gula pakisaji malang. Sekitar jam 01.00 dinihari berangkat dari daerah Pagak Selatan, waktu sampai di daerah Gunung Geger dikagetkan dengan sosok perempuan cantik nan rupawan. Perempuan itu berdiri di pinggir jalan Gunung Geger,

melambaikan tangan. Tanpa pikir panjang si sopir mempersilahkan si perempuan cantik tadi masuk ke dalam trucknya. Tetapi si perempuan tidak berkata-kata sepatah katapun. Si sopir tenang-tenang saja, tetapi pada waktu truk sudah sampai di daerah sumber air pdam daerah sumberejo, si perempuan mengucapkan terima kasih dan menghilang tanpa jejak. Padahal truk tersebut tidak berhenti.

Mana ada perempuan yang berani loncat dari truk pada saat truk kecepatan tinggi. Cerita ini sampai pada masyarakat sekitar, yang akhirnya banyak orang tidak berani macam-macam ketika berada di daerah Gunung Geger. Kisah ini termasuk kisah paling ditakuti masyarakat Gunung Geger.

Namun dibalik kisah mengerikan ini, sebenarnya, Gunung Geger memiliki panorama alam yang cukup menarik dikunjungi. Selaim alami, dari atas bukit bias melihat pemandangan kota Kota Kepanjen dan Malang Raya dari atas bukit. Terutama pada malam hari, kerlap kerlip lampu jalan dan perkampungan masyarakat begitu memesona. Selain itu udaranya sejuk diselimuti angin semilir menembus hutan berliku mengikuti bukit.  Yang tidak kalah menariknya, pada pagi hari, matahari terbit dari balik Gunung Semeru menjadi pemandangan setiap hari. ****