Lima Murid Kesayangan Gus Maksum, Siapa Saja?

194 dibaca

▪︎JATIM – POSMONEWS.com,-
Siapa yang tidak kenal K.H. Abdullah Maksum Jauhari (Gus Maksum), sosok kiai “nyeleneh” dan dikenal sebagai waliullah. Beliau dikenal mempunyai lima orang murid kesayangan. Lantas siapa saja muridnya itu?

Dikutip dari situs resmi pagarnusa.or.id mengungkapkan bahwa Gus Maksum memiliki lima orang murid yang menjadi kesayangan beliau.

Berikut ini 5 daftar murid kesayangan Gus Maksum, baik yang sudah wafat maupun yang masih hidup hingga saat ini. K.H. Abdullah Maksum Jauhari atau yang masyarakat kenal sebagai Gus Maksum memiliki peran penting dalam sepang terjang Pencak Silat Pagar Nusa. Sebagai sosok pendiri pencak silat ini, kiprah Gus Maksum menjadi panutan bagi para pesilat Pagar Nusa.

Pencak Silat Pagar Nusa sendiri resmi berdiri sejak 3 Januari 1986 M. hingga kini, pencak silat yang Gus Maksum dirikan ini telah tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Bahkan, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa, Muhammad Nabil Haroen menyebut bahwa kader Pagar Nusa yang sudah terdata mencapai 3 juta jiwa.

Melansir dari You Tube Kisah Karomah Wali (KKW) Channel, ini dia 5 sosok murid kesayangan Gus Maksum. Di antaranya;

1. H. Rhoma Irama

Salah satu murid pertama yang diungkapkan dalam video tersebut adalah H. Rhoma Irama, seorang penyanyi, penulis lagu, produser, dan aktor terkenal Indonesia.

H. Rhoma Irama  lahir pada 11 Desember 1946, ternyata Raja Dangdut tersebut merupakan murid kesayangan dari Gus Maksum Jauhari.

Keterlibatan H. Rhoma Irama dalam seni bela diri di bawah bimbingan Gus Maksum juga diungkapkan melalui adegan berkelahi dan ritual silat dalam beberapa film yang dia bintangi.

2. K.H. Gus Muwafiq

K.H. Ahmad Muwafiq, atau yang akrab disapa Gus Muwafiq merupakan salah satu murid kesayangan Gus Maksum.

Dia lahir pada 2 Maret 1974, di pedalaman daerah Lamongan. Gus Muwafiq kini menetap di Yogyakarta sebagai pendakwah kondang. Beliau  mendalami ilmu kanuragan atau beladiri dan sejarah kebudayaan nusantara di bawah bimbingan Gus Maksum.

Gus Muwafiq memiliki cerita yang unik pada Mei 2001, yakni saat pelengseran Gus Dur (saat menjadi Presiden RI). Pada saat itu Gus Muwafiq sempat mengangkat mobil panser milik TNI dengan tangan kirinya yang terdokumentasikan oleh wartawan.

3. K.H. Suharbillah

Sosok K.H. Suharbillah, merupan salah satu murid kesayangan Gus Maksum, beliau wafat pada 25 Agustus 2014. Beliau tercatat sebagai salah satu pendiri Pagar Nusa dan menjadi Ketua Umum Pagar Nusa setelah wafatnya Gus Maksum. Keakraban antara K.H. Suharbillah dan Gus Maksum terbukti sejak berdirinya Pagar Nusa, di mana beliau menjadi sekretarisnya saat itu.

4. Mbah Sumar

Sosok Mbah Sumar sempat ramai di media sosial saat Harlah Satu Abad NU di Sidoarjo pada 7 Februari 2023. Dia dengan tegas menyatakan sebagai murid dari Gus Maksum Jauhari.

Mbah Sumardi, nama lengkapnya, memiliki kisah menarik. Dengan berbekal motor tuanya, Mbah Sumar berhasil melakukan perjalanan ke Mekkah dengan menghabiskan waktu satu tahun enam bulan dari rumahnya yang terletak di Kediri.

5. K.H. Latif

Sosok satu ini sering tampil dalam berbagai laga pencak dor sebagai wasit. K.H. Latif, sapaan akrabnya adalah salah satu santri kesayangan dari desa yang memiliki darah Pagar Nusa.

Gus Maksum melatih K.H. Latif dengan gembira karena beliau merupakan orang dari kampung sendiri. Setelah berguru, Gus Maksum memberikan doa dan ijazah kepada K.H. Latif, yang kini memiliki banyak prestasi dan penghargaan.

Gus Maksum Jauhari, dengan ilmu dan ajarannya, terus memberikan inspirasi dan membimbing generasi penerusnya untuk menjaga keutuhan budaya dan spiritualitas.

Melalui kelima sosok ini menjadi inspirasi dan pelajaran bagi generasi penerus Pagar Nusa. Mereka tidak hanya membawa tradisi bela diri dan keilmuan, tetapi juga memperkuat ikatan spiritual dengan tetap menjaga legacy dari sang tokoh pendiri pencak silat ini.▪︎[ZA/AHM]