Proyek Jembatan Gayung Bakal Rampung Lebih Cepat

98 dibaca

▪︎Menjadi Koneksikan Antardesa dan Provinsi

▪︎NGAWI – POSMONEWS.com,-
Proyek pekerjaan pembangunan Jembatan Guyung Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, diperkirakan lebih cepat segera rampung dan bisa dipergunakan kembali.

Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), telah melakukan pelebaran Jembatan Guyung yang menghubungkan antar Desa Tepas dan Kayut.

Jembatan yang berada di ruas jalan Tepas-Kayut ini merupakan jembatan penghubung antar kecamatan Geneng dan Gerih.

Jembatan Guyung sebelumnya memiliki lebar jalan 3 meter, yang mana dengan lebar sekian masih sangat berbahaya apabila disaat berpapasan dengan kendaraan lawan arah, maka dengan itu Dinas PUPR Kabupaten Ngawi mengalokasikan Dana DBH Migas untuk pelebaran Jembatan Guyung menjadi 7,6 meter dengan bahu jalan kanan-kiri masing masing 80 cm.

Dikutip dari situs resmi dari pupr.ngawikab.go.id bahwa pelebaran jembatan tersebut dikerjakan oleh CV. JASA KARYA dan pengawas CV. DEOCON ENGINEERING. Progres pembangunan jembatan ini pada Minggu Ke-15 sejak 17 Juli 2023 telah mencapai realisasi 92,09%, rencana 57,47%, Deviasi 34,62%.

Kontrak pekerjaan ini adalah 160 hari Kalender. Pihak pelaksana proyek optimis proyek akan selesai sesuai waktu yang telah disepakati bahkan lebih cepat dari rencana.

Dengan pelebaran jembatan itu, diharapkan akan meningkatkan keselamatan dan kelancaran lalu lintas di ruas jalan Tepas-Kayut. Selain itu, pelebaran jembatan ini juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah sekitar.

Berikut adalah beberapa manfaat dari pelebaran Jembatan Guyung:
1. Meningkatkan keselamatan lalu lintas.
2. Meningkatkan kelancaran lalu lintas.
3. Meningkatkan perekonomian masyarakat

Pelebaran Jembatan Guyung ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Ngawi untuk meningkatkan infrastruktur di wilayah Kabupaten Ngawi. Dengan infrastruktur yang baik, diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kabupaten Ngawi masih terus berlangsung hingga saat ini dalam mengerjakan infrastruktur di beberapa titik lokasi termasuk
Jembatan Guyung.

Jembatan Guyung yang memiliki fungsi penghubung antar daerah baik lintas desa, kota dan provinsi berlokasi di Kabupaten Ngawi.
Bidang Bina Marga Dinas PUPR Ngawi terus mengupayakan pembangunan daerah baik dari gedung.

Gedung, taman, jalan irigasi hingga jembatan penghubung antar daerah yang terletak di wilayah Kabupaten Ngawi pada Senin, 11 September 2023.

Jembatan yang memiliki fungsi penghubung antar daerah baik lintas desa, kota maupun provinsi.

Dengan fungsi dari jembatan ini sangatlah penting untuk meningkatan pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya di kabupaten Ngawi.

PUPR Ngawi selaku Dinas Pembangunan Umum dan Penataan Ruang yang berada di Kabupaten Ngawi memiliki 171 jembatan yang berada di wilayah Kabupaten Ngawi.

Sedangkan rebuilding perlu dilakukan karena Jembatan Guyung telah berusia 101 tahun.
Sebab banyak bagian yang rusak, bentang infrastruktur itu kurang memadai untuk dilewati banyak kendaraan bermotor.

Banyak kendaraan bermotor dengan lebar empat meter dan akses melintas roda empat hanya bisa satu arah. Meningkatkan keselamatan lalu lintas, kelancaran lalu lintas, perekonomian masyarakat.

Pelebaran Jembatan Guyung ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Ngawi untuk meningkatkan infrastruktur di wilayah Kabupaten Ngawi.
Dengan demikian infrastruktur yang baik, diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) yang tidak lama lagi akan menggeber proyek Rp 6,1 miliar.

‘’Tinggal menunggu pemenang lelang,’’ kata Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono.▪︎[FEND]