Pembongkaran  Stadion Surajaya Rampung, Hari ini Ground Breaking

99 dibaca

▪︎LAMONGAN – POSMONEWS.COM,-
Proses pembongkaran Stadion Surajaya yang telah dijadwalkan sudah rampung. Tak ada lagi bangunan lama yang tersisa di stadion kebanggaan warga kota soto yang berada di Kecamatan Deket itu. Sejauh mata memandang telah rata dengan tanah.

Dari pantauan media ini, tampak juga pagar yang kokoh dan rapat tekah melingkari area luar stadion. Dan hanya ada satu pintu masuk di sebelah pojok timur sebagai akses keluar masuk kendaraan dan para pekerja. Hal ini menandakan jika pembangunan stadion baru Surajaya ini siap dikerjakan.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Lamongan, Erwin Sulistya Pambudi, seluruh tahapan pengerjaan ditangani langsung oleh kementerian. Daerah hanya dilibatkan untuk pembongkarannya saja. Setelah tuntas langsung diambil alih pusat.

Karena sudah rampung pembongkarannya maka, Groundbreaking (peletakan batu pertama) itu rencana dilaksanakan hari ini, Selasa (27/2). Setelah itu proses pengerjaan mulai dilakukan.

‘’Sekarang masih belum ada pekerjaan, beru membangun mess untuk pekerja di kawasan stadion,’’ tuturnya Erwin yang dikutip media ini dari Jawa Pos Radar Lamongan.

Seperti diketahui, Kementerian PUPR sudah memutuskan 22 stadion di Indonesia yang akan direnov tahun ini. Sementara Surajaya tidak hanya renovasi, melainkan dibangun total. Anggaran disiapkan mencapai Rp 292 miliar.

Menurut Erwin, seluruh kawasan stadion harus steril. Sehingga tidak ada aktivitas lain kecuali pekerja. Seluruh pedagang dialihkan selama proses pembangunan berlangsung.

Karena dalam perencanaannya, dari lahan seluas 5,3 hektare itu akan dibangun stadion dan kawasannya. Seperti area tribun, parkir, area komersil, dan masjid. Nantinya di luar stadion akan dibangun kawasan yang bisa digunakan untuk jogging. Untuk itu, pembangunan ini juga mempertimbangkan dampak ekonomi di wilayah tersebut.

Erwin berharap pekerjaan berjalan lancar sesuai dengan tahapan. Sehingga keinginan untuk memiliki stadion baru segera terwujud. Erwin mengatakan terkait kondisi cuaca, tentunya dari pihak pelaksana sudah mempertimbangkan itu, sebab waktunya musim penghujan. Terutama mempertimbangkan agar pekerjaan tidak mundur.

‘’Saya yakin dari PT WIKA sudah memiliki pertimbangan karena mereka sub kontraktor resmi dan sudah terbiasa mengerjakan stadion di kabupaten/kota lain,’’ terangnya.▪︎[DANAR/ARIFIN]