Kokohnya Pondasi RTLH dan Kisah Bahagia Nenek Sulasmi

119 dibaca

▪︎Melihat Capaian Sasaran Fisik TMMD 119 Kodim 0812

▪︎LAMONGAN – POSMONEWS.COM,-
Disamping pengerjaan rabat beton sebagai sasaran fisik di TMMD 119 Kodim 0812/ Lamongan, para prajurit Satuan Tugas (Satgas) saat ini sudah memasuki penggarapan sasaran fisik pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Mereka langsung bekerja dengan penuh semangat, membedah rumah warga tidak mampu yang memiliki hunian (rumah) yang kondisinya memprihatinkan.

Data dari Pendim 0812  yang dikutip media ini, ada sepuluh rumah milik Warga yang nyata-nyata hidup dibawah garis kemiskinan, selama bertahun-tahun tinggal dalam rumah yang tak layak untuk dihuni. Rumah yang sudah rusak, reyot, genting (atap) bocor bahkan nyaris roboh. Kondisi tersebut menjadikan keadaan rumah tersebut benar-benar tidak sehat untuk ditinggali.

Anggota Satgas TMMD 119 tengah mulai membangun pondasi rumah sebagai langkah awal perehaban di rumah salah satu warga yang mendapat bantuan rehab RTLH. Dengan dibantu warga sekitar, Anggota Satgas bekerja keras untuk mewujudkan hunian yang layak huni bagi Warga Brengkok.

”Kami tidak mau main-main di pembuatan pondasi yang memang menentukan kokoh tidaknya untuk pembangunan sebuah rumah. Semua pondasi yang dibangun dalam rehab RTLH di lokasi TMMD 119 ini berkualitas bagus dan sekokoh karang,” ungkap Sertu Edi, salah satu anggota TMMD yang terlibat langsung dalam pembangunan RTLH.

Adalah nenek Surasmi yang kini hidup sebatang kara, merupakan salah satu warga yang mendapat bantuan bedah rumah RTLH dalam program TNI manunggal membangun desa TMMD ke 119 Kodim 0812 Lamongan ini. Sang nenek pun menjadi sorotan crew Pendim dan anggota Satgas TMMD ke 119 dalam sasaran RTLH di program TMMD ke 119 Kodim 0812 Lamongan ini Sabtu (24/02/2024) lalu.

Pasalya beliau yang sudah lama hidup sebatangkara tidak punya keluarga dan anak dengan tinggal dirumah yang sangat reyot dan tidak layak untuk di huni

Sambil menangis dengan penuh haru ibu Suratmi dengan setitik harapan beliau mengungkapkan rasa syukur dan bahagia karna mendapat bantuan dari pemerintah dalam program bedah rumah RTLH di TMMD ke 119 Kodim 0812 Lamongan.

Dalam wawancaranya dengan crew Pendim 0812, nenek Sulasmi menceritakan kisahnya yang sebatang kara dengan kehidupan yang serba kekurangan, kini ia telah berusia (80) baru mendapat perhatian TNI di program RTLH TMMD tahun ini. Karenanya ibu ini tidak kuasa membendung air matanya saat menuturkan kisah hidupnya.

Ia terharu akan kepedulian prajurit TNI dari Satgas TMMD ke 119 Kodim 0812 Lamongan yang mana mau peduli dan membantu saya merehap rumah yang layak untuk di huni saat menerima bantuan Rumah tidak Layak Huni (RTLH) dari pemerintah melalui kegiatan TMMD ke119.

“Saya sangat bangga dan berterimakasih dengan kehadiran TNI di sini, saya sangat berterima kasih kepada bapak-bapak tentara yang sudah peduli membuatkan saya rumah sehingga layak untuk dihuni,” ungkap Surasmi sambil menahan isak tangis.

Alhamdulillah kemaren ada program dari bapak tentara membangunkan rumah saya sehingga akan menjadi rumah yang layak di huni dan mereka terus saya persilakan aja  membangun rumah di lahan saya,” ujar ibu Surasmi.

Saya sangat senang sekali berkat adanya bapak TNI saya merasa terbantu dan semoga rumah saya yang di rehap bapat TNI akan cepat selesai

Trimakasi pak TNI engkau memang anak kandung rakyat dan lahir dari rakyat sehingga selalu membantu kesulitan rakyat.

Dalam hal ini di ungkapkan Dandim 0812 Lamongan Letkol Arm Ketut Wira purbawan yang mana beliau menuturkan, TMMD merupakan salah satu wujud pengabdian TNi kepada Rakyat, melalui kegiatan TMMD yang sebagai upaya memberikan bantuan dan perlindungan kepada masayarakat.

“Termasuk kepada ibu Surasmi yang hidup sebatang kara ini,” ungkapnya.

Dandim juga mengisahkan, bahwa kondisi Sutami sangat memprihatinkan. Pasalnya beliau tinggal sebatang kara dan tidak memiliki meluarga saudara maupun anak sedangkan kehidupannya sehari hari beliau sering di bantu tetangga yang dekat rumahnya muai dari makan beliau yang sering di kasih tetangganya.

Semongan dengan adanya program TMMD ke 119 kodim 0812 Lamongan bisa membantu ibu Surasmi untuk memiliki tempat tinggal yang layak,” pungkasnya.▪︎[DANAR SP]